Profesor Philip Kothler, salah satu pakar marketing
yang terkemuka, dalam bukunya Marketing Management, mendefinisikan bahwa
pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial di mana
individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan
dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk-produk yang
bernilai.
Menurut American Marketing Asociation, pemasaran
adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi,
pentapan harga, promosi, hingga distribusi barang-barang, ide-ide, jasa-jasa,
untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga-lembaganya.
Selain itu ada juga definisi lain yaitu Marketing is a
strategic business discipline that directs the process of creating, offering,
and changing value from one initiator to its stakeholders. (Pemasaran
adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaaan,
penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholders-nya).
Hermawan Kartajaya memberikan gagasan tentang pemasaran yang
disebutnya dengan Ultimate Philosophy of Marketing yang memiliki tiga
unsur, yaitu:
·
Vision
Pemasaran
haruslah sebuah konsep bisnis strategis yang ditujukan untuk menjamin kepuasan
yang berkelanjutan kepada tiga stakeholder utama yaitu pelanggan, karyawan, dan
shareholder.
·
Mission
Pemasaran
harus menjadi jiwa dari sebuah perusahaan sehingga setiap orang dalam
perusahaan akan menjadi pemasar.
·
Values
Tiga
prinsip nilai yang dianut setiap perusahaan adalah; pertama, merek yang lebih
berharga daripada produk; kedua, shareholder harus memperlakukan bisnis mereka
sebagai servis; ketiga, setiap orang di dalam organisasi harus terlibat dalam
proses pemuasan pelanggan baik secara langsung maupun tidak dan tidak
pada fungsi tertentu.
Jadi, Pemasaran Syariah adalah sebuah disiplin bisnis
strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values
dari satu inisiator kepada stakeholder-nya yang dalam keseluruhan prosesnya
sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Di dalam Al-Quran
surat Shood ayat 24 , Allah mengingatkan kita agar senantiasa menghindari
perbuatan zhalim dalam bisnis, berikut ini merupakan ayatnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar