Cita –cita saya menjadi wirausahawan berawal dari pertama
kali saya mendapat mata kuliah kewirausahaan di kampus saya,dan dari situ saya
mendapat inspirasi untuk menjadi wirausahawan yang sukses di masa akan yang
akan datang.
Selasa, 29 Januari 2013
Profil usaha
Usaha yang saya jalankan bergerak dibidang kuliner. Saya menjual
martabak tahu, dan saya berfikir bahwa semua orang banyak yg menyukai martabak
tahu. Jika saya sudah memperoleh keuntungan yg besar,saya akan membuka cabang
dan mudah-mudahan martabak buatan saya dapat di sukai oleh masyarakat sekitar.
Rabu, 23 Januari 2013
lembaga atau organisasi yang mendorong kewirausahaan
- Swasta :
Lembaga Yayasan Bina Negeri
Lembaga PI-UMKM
lembaga atau organisasi yang mendorong kewirausahaan
Pemerintah :
Direktorat
Pembinaan Kursus dan Kelembagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan
Informal
-
S
program program pemerintah swasta
KERJASAMA PEMERINTAH
DAN SWASTA DIBAHAS
Masyarakat Dapat
Memikmati Fasilitas yang Memadai
Kabupaten Solok kaya
akan sumber daya alam. Seperti beberapa mata air yang dapat dimanfaatkan
untuk air minum, transportasi, bahkan dapat dijadikan sebagai pembangkit
tenaga listrik dan beberapa bidang lain yang tidak bisa diingkari.
Namun, untuk
menggali potensi tersebut memerlukan berbagai macam fasilitas yang memadai.
Seperti saluran air untuk menyalurkan air bersih ke rumah warga, sarana dan
prasarana pelabuhan dan alat transportasinya, dan mesin-mesin yang dibutuhkan
untuk membangkit tenaga listrik.
Pembangunan
fasilitas tersebut bukanlah hal yang mudah. Memerlukan dana yang tidak
sedikit. Itulah yang menjadi kendala Pemerintah Kabupaten Solok untuk memberikan
hak masyarakat memperoleh fasilitas yang memadai.
Solusinya, kerjasama
antara pemerintah dan swasta menjadi salah satu alternatif yang
menguntungkan. Pembiayaan pembangunan infrastruktur dapat dilaksanakan dengan
mendorong investor menanamkan modal di Kabupaten Solok melalui program
Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). KPS merupakan program baru yang
difasilitasi pemerintah pusat untuk membangun kerjasama pemerintah dengan
pihak swasta dalam penyediaan infrastruktur yang meliputi desain dan
kontruksi, peningkatan kapasitas/rehabilitasi, operasional dan pemeliharaan
dalam rangka memberikan pelayanan.
Bidang-bidang apa
saja yang dapat dikerjasamakan antara pemerintah dan swasta? Menurut Kasubid
Sumber Daya dan Prasarana, Daswir Elyus, dalam rapat pembahasan kerjasama
pemerintah dan swasta hari Rabu (30/5) di Bappeda, bidang-bidang yang dapat
dikerjasamakan secara nasional dibatasi oleh beberapa peraturan,
yaitu: Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2011 tentang Kerjasama
Pemerintah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur, Penetapan
Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2010 tentang Penjamninan infrastruktur
dalam Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha yang dilakukan
melalui Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur, dan Peraturan Menteri
Keuangan Nomor 260 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaab Penjaminan
Infrastruktur dalam proyek kerjasama pemerintah dengan badan usaha.
Dengan dibatasi
peraturan tersebut, ada delapan bidang yang dikerjasamakan. delapan bidang
tersebut yaitu: Transportasi, Jalan, Pengairan, Air Minum, Air limbah,
Telekomunikasi dan infromatika, Ketenagalistrikan, Minyak dan Gas Bumi.
Dari delapan bidang
tersebut, tidak semua bidang yang dapat dikerjasamakan di Kabupaten Solok.
Sebelumnya akan disesuaikan dengan RPJMD dan Renstra Kabupaten Solok,
kesesuaian lokasi proyek dengan RTRW, adanya keterkaitan antar sektor
pembangunan dan perkiraan potensi pemulihan biaya (cost recovering).
Sesuai hasil
pemaparan SKPD di dalam rapat, Kabupaten Solok memiliki lima bidang yang
dapat dijadikan peluang untuk dikerjasamakan. Lima bidang tersebut yaitu:
Dengan adanya
Kerjasama Pemerintah Swasta memberikan keuntungan tersendiri bagi pemerintah,
pihak swasta dan masyarakat Kabupaten Solok. Keuntungan yang diperoleh
diantaranya, dapat mencukupi kebutuhan pendanaan secara berkelanjutan dalam
penyediaan infrastruktur melalui pengerahan dana swasta. Dengan dana yang
mencukupi, kualitas infrastruktur dan pemeliharaanya akan lebih baik.
Swasta
(investor) akan menguntungkan dengan mengikuti KPS ini. Karena
KPS merupakan proyek yang difasilitasi dan dipersiapkan sepenuhnya oleh
pemerintah. Untuk risiko sendiri diluar kendali badan
usaha, dijamin oleh pemerintah.
Manfaat yang
diterima masyarakat merupakan titik tolak diadakannya kerjasama ini. Dengan
lancarnya pendanaan, pengembangan infrastruktur yang berkualitas dapat
dipenuhi. Hak masyarakat untuk menikmati fasilitas dan pelayanan yang lebih
baik juga dapat diperoleh.
|
http://www.bappeda-kabsolok.com/index.php?option=com_content&view=article&id=194:kerjasama-pemerintah-dan-swasta-dibahas
program program pemerintah
Di
era globalisasi ini segala sesuatu sangat mudah untuk diperoleh, apalagi dengan
adanya perdagangan bebas dimana harus memaksa Negara-negara untuk bersikap
mandiri demi menjaga kestabilan system perekonomian. Untuk itu banyak Negara
yang bersaing dalam pasar internasional, supaya dapat menguasai produk-produk
yang banyak dibutuhkan oleh berbagai Negara. Dengan adanya sikap seperti ini
mau tidak mau pemerintah harus mulai memikirkan solusinya. Apalagi di tengah
himpitan ekonomi yang melanda bangsa Indonesia saat ini, pemerintah harus mulai
berfikir lebih cermat dalam hal peningkatan stabilitas ekonomi di Indonesia.
Menurut data ( Badan Pusat Statistik ) pengangguran di Indonesia sudah mencapai
angka 8,12 juta jiwa pada Febbruari 2012, dimana pemerintah dalam hal ini harus
mulai berfikir terhadap nasib rakyatnya. Jika hal ini tidak di hindari dan akan
menjadikan pengangguran sebagai beban Negara melalui subsidi yang telah
digelontorkan pemerintah, hal ini tidak benar karena dengan adanya subsidi
tersebut pemerintah akan membuat rakyatnya memiliki mental yang buruk. Apalagi ketika
kita melihat para Tenaga Kerja Indonesia yang berbondong-bondong mencari
pekerjaan di negeri orang, hal ini sungguh sangat miris ketika dalam
perjalanannya mereka mengalami berbagai penyiksaan. Oleh karena itu pemerintah
harus mulai memberdayakan masyarakatnya melalui pelatihan-pelatihan yang dapat
meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat menciptakan lapangan kerja baru,
untuk itu pemerintah sebagai pemegang izin serta penetap kebijakan ekonomi
harus ikut menjembatani masyarakat dalam menjalankan usahanya. Lebih tepatnya
pemerintah harus membantu dalam pemodalan usaha.
Untuk mempermudah
masyarakat dalam memiliki modal, tentu pemerintah dapat bekerja sama dengan
Perbankan ataupun koperasi sebagai lembaga penyalur serta penghimpun dana dari
masyarakat. Fugsi perbankan ataupun koperasi sangatlah penting dalam
pertumbuhan ekonomi di Indonesia, hal ini sesuai dengan tugas perbankan yang
tercantum dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang
menyatakan bahwa : Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat
dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit
dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat
banyak. Dengan adanya undang-undang tersebut tentu kita sebagai masyarakat yang
ingin meningkatkan kualitas ekonomi mampu memanfaatkan tugas dan fungsi
koperasi serta perbankan.
Dalam peningkatan kualitas serta mutu, koperasi dan perbankan sebagai
fungsinya, apalagi dengan munculnya banyak perbankan dan koperasi di Indonesia
tentu hal ini akan semakin banyak sekali lembaga keuangan tersebut yang
menawarkan kemudahan dalam penyaluran kredit usaha kecil menengah (UKM). Maka
dari itu masyarakat perlu cerdas dalam memanfaatkan kesempatan ini, dan
masyarakat tak perlu lagi bersusah payah untuk memperoleh modal usaha.
Saat ini banyak sekali
usaha yang bergerak dalam skala kecil atau saat ini lebih sering di kenal
dengan usaha mikro, walaupun usaha ini terbilang kecil justru dari sinilah kita
perlu mengembangkannya, karena usaha mikro ini di anggap mampu bertahan
terhadap krisis moneter karena usaha seperti ini tidak bergantung pada modal
asing. Namun dalam hal ini usaha mikro juga memiliki beberapa masalah dalam hal
manajemen keuangan, agunan dan keterbatasan dalam kewirausahaan. Dengan
pemahaman atas permasalahan di atas, akan dapat ditengarai berbagai problem
dalam UKM dalam tingkatan yang berbeda,sehingga solusi dan penanganannya pun
seharusnya berbeda pula. Sementara itu, dari hasil survey tentang profil UKM
yang dilakukan oleh Bank Indonesia, terdapat permasalahan maupun kendala UKM
yang dilihat dari perspektif UKM itu sendiri maupun dari perbankan. Dari sisi
UKM beberapa variabel penting yang masih rendah kinerjanya antaralain:
kemudahan UKM dalam memperoleh ijin; kemampuan UKM untuk mengelola keuangan;
ketepatan waktu dan jumlah perolehan kredit. (Sumber : Buletin Hukum Perbankan
dan Kebanksentralan).
Jika pelaku usaha kecil ini dapat bekerjasama dengan perbankan maupun
koperasi, tidak hanya meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi di Negara ini
melainkan dapat mengurangi pula angka kemiskinan yang diakibatkan banyaknya
pengangguran. Apalagi jika produk yang dihasilkan oleh UKM ini dapat menembus
pasar internasional, tentu tidak hanya mengentaskan kemiskinan serta pengangguran
namun juga dapat meningkatkan devisa. Selain itu tingginya nilai ekonomi yang
dihasilkan oleh UKM hal ini pula yang akan menarik pemodal (dalam hal ini
perbankan dan koperasi ) untuk lebih mengembangkan usahanya demi kelancaran
usaha kedua belah pihak. Dalam hal ini perbankan maupun koperasi seharusnya
tidak hanya memberikan kemudahan dalam segi pemodalan saja, melainkan juga
dapat memberikan kemudahan dalam hal pelatihan dan penelitian dimana dalam
penjabarannya pelatihan dapat meningkatkan mutu serta sumber daya manusianya
dalam mengolah produk yang dihasilkan. Sedangkan dalam hal penelitian di
harapkan perbankan dan koperasi mampu memberikan pengetahuan tentang kondisi
pasar dalam negeri maupun asing, beserta untuk memberikan informasi tentang peluang
bisnis yang ada. Hal ini juga dibahas dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999
tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3
Tahun 2004 ,kebijakan Bank Indonesia dalam membantu pengembangan UKM.
Pada kenyataannya, saat ini pemerintah melalui lembaga-lembaga yang
terkait telah memulai usahanya dalam peningkatan mutu serta kualitas sumber
daya manusia. Dengan kebjiakanya melalui program-progam usaha kelompok mandiri
untuk ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti
pameran dari hasil kerajinan masyarakat desa yang dianggap mampu menarik para
wisatawan baik domestic maupun manca negara. Apalagi didukung dengan banyaknya
tempat wisata yang kita miliki, hal ini merupakan nilai lebih dimana dalam hal
pemasarannya kita dapat menyertakan produk-produk hasil tangan bangsa ini yang
tidak kalah kualitasnya di bandingkan produk Negara lain. Dan jika di cermati
dengan seksama, bank serta koperasi tidak hanya mengikuti trend dimana UKM ini
merupakan suatu usaha yang mulai tenar saat ini, melainkan merupakan strategi
bisnis untuk dapat memperkuat jaringan serta system yang ada dalam perbankan
serta koperasi. Disinilah peran perbankan dan koperasi sangat diperlukan,
karena kedua lembaga ini di anggap mampu dan dapat menjalankan perannya dalam
hal peminjaman modal serta penghimpun dana dari masyarakat sesuai dengan
Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992.Namun demikian kita sebagai masyarakat yang
ingin maju, juga harus memiliki antusiasme yang tinggi.
Dengan hadirnya perbankan serta koperasi dan dukungan serta arahan dari
pemerintah untuk berperan serta dalam mewadahi aspirasi masyarakat yang dapat
diwujudkan dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah, diharapkan masyarakat yang
semula hanya menanti bantuan dan tidak produktif dapat terserap untuk dapat
memanfaatkan kemampuannya dan ikut serta dalam mengembangkan usaha tersebut.
Dalam hal lain kita juga dapat mengurangi angka pengangguran serta membuktikan
kepada dunia bahwa bangsa kita bukanlah bangsa yang hanya dapat mengekspor
pembantu rumah tangga, melainkan bangsa kita mengekspor barang- barang dengan
kualitas tinggi yang dapat menembus pasar internasional. Dan untuk kedepannya
akan banyak investor asing yang akan menanamkan modalnya untuk ikut serta dalam
pengembangan usaha ini.
Social Entrepreneurship (sosial kewirausahaan)
Baru-baru
ini istilah enterpreneurship atau kewirausahaan sangat sering di bicarakan di
berbagai forum dan media. Metode pendidikan dan pelatihan secara gencar juga
menawarkan skill ini untuk bisa di implemntasikan masyarakat
secara luas. Di era dimana kesenjangan sosial sangat tinggi dan kontras
serta kemakmuran menjadi barang ekslusif, maka kehadiran para Social
Enterpreneur sangat dibutuhkan sebagai bagian dari solusi masalah
sosial di masyarakat.
Secara istilah Social
Entrepreneur menurut Austin Stevenson dan Wei-Skillern yaitu
pengusaha sosial yang bertujuan untuk melayani kebutuhan dasar masyarakat,
bertolak belakang dengan pengusaha tradisional atau konvensional yang
hanya meraih pasar yang besar dan memperoleh keuntungan, dalam proses
bertaraf minimum untuk kepentingan masyarakatnya (sumber wikipedia).
Jadi Social
Entrepreneurship merupakan sebuah istilah turunan dari kewirausahaan.
Gabungan dari dua kata, social yang artinya kemasyarakatan, dan entrepreneurshipyang
artinya kewirausahaan. Pengertian sederhana dari Social
Entrepreneur adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan
menggunakan kemampuanentrepreneurship untuk melakukan perubahan
sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan (welfare),
pendidikan dan kesehatan (healthcare)(Santosa, 2007).
Jaman
ORBA dahulu sebenarnya telah tercetus bibit-bibit Social
Enterpreneur dengan istilah “Kesetiakawanan Sosial” yang artinya
memberikan perhatian sosial kepada sesama dalam lingkup masyarakat kecil maupun
lebih besar sebagai sebuah bangsa.
Social Entrepreneurship pada dasarnya tidak terbatas pada suatu aksi
sosial sebuah lembaga, organisasi atau perusahaan melalui program
CSR, Corporate Social Responsibility atau lembaga sosial
lainnya. Dari spirit-nya Social Entrepreneurshiplebih bersifat
suatu mental atau attitude suatu personal atau masyarakatnya. memang mental ini
sesungguhnya sudah sangat bertentangan dengan common attitude individu
atau masyarakat saat ini. Dan social entrepreneursip mempunyai cirri dan sifat
sebagai berikut. :
Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan
Untuk dapat
mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan
juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha
adalah:
·
Percaya diri
·
Berorientasikan tugas dan hasil
·
Pengambil risiko
·
Kepemimpinan
·
Keorisinilan
·
Berorientasi ke masa depan
·
Jujur dan tekun
Sifat-sifat
seorang wirausaha adalah:
·
Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
·
Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba,
memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras,
energik ddan memiliki inisiatif.
·
Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
·
Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain
dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
·
Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan
memiliki jaringan bisnis yang luas.
·
Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa
depan.
·
Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
contoh wirausahawan sukses luar negeri
Tokuji Hayakawa dilahirkan pada
tahun 1893 di Tokyo, Jepang. Tokuji Hayakawa merupakan pendiri dari perusahaan elektronik asal
jepang bernama SHARP. Tokuji Hayakawa terlahir dalam keadaan yang amat
sulit dalam kondisi kemiskinan yang dimiliki oleh keluarganya, Tokuji Hayakawa
kemudian diadopsi oleh keluarga Sato. Ia mendengar kenyataan bahwa Ia diadopsi tidak
sampai dewasa. Dia kemudian meninggalkan sekolah dasar setelah kelas dua
dikarenakan kondisi keluarganya yang amat miskin, dan ia kemudian magang ke
pembuat ornamen logam. Dia bekerja dengan rajin dan baik dengan tujuan untuk
meningkatkan keahliannya dalam bidang logam dan pemahaman tentang perdagangan
dan penjualan, karena keuletan dan kerja kerasnya, ia mendapatkan kepercayaan
dari bosnya.
Meskipun ikat pinggang telah digunakan sejak zaman kuno untuk aksesoris seperti baju besi dan sepatu, yang kemudian mulai digunakan pada ikat pinggang untuk celana anak laki-laki pada abad ke-15 dan kemudian untuk digunakan dalam pakaian perempuan di abad ke-19. Ketika Hayakawa meluncurkan ikat pinggang ciptaanya pada tahun 1912, permintaan di Jepang untuk ikat pinggang meningkat dengan penyebaran gaya model Barat. Namun, Hayakawa dan pengrajin lainnya belum sempat mengenakan pakaian gaya Barat dan ikat pinggang. Hayakawa secara kebetulan melihat seorang aktor film yang kurang senang dengan model ikat pinggang yang ia gunakan. Hal ini kemudian menjadi inspirasi dia untuk menghabiskan waktunya menciptakan ikat pinggang atau sabuk baru yang panjang yang bisa diikat. ia kemudian mengembangkan ikat pinggang atau ikat pinggang unik ciptaannya itu.
Bosnya kemudian mengagumi ciptaaanya dan merekomendasikan Tokuji untuk mengajukan permohonan hak paten. Dia mengusulkan nama "Tokubijo" mengadopsi salah satu karakter Tokuji untuk nama hak patennya. Karena tekanan untuk memberikan produk yang tepat waktu, Tokuji memutuskan untuk membangun pabrik untuk memproduksi produk ciptaannya. Dia kemudian meminjam emminjam sebagian lahan ibukota untuk membangun pabriknya dan kemudian ia mendirikan tokonya pada bulan September di tahun 1912. Dia memperkenalkan cara untuk mengembangkan industri, ia kemudian banyak merekrut pekerja untuk dipekerjakan di pabriknya untuk meningkankan produksi dan pesanan para konsumennya. Dia kemudian mampu keluar dan membayar semua utang-utangnya. Dia terus meningkatkan proses manufaktur untuk produknya dan memperluas bisnisnya ke tahap yang lebih besar.
Pada tahun 1913, Hayakawa memperoleh paten dari sebuah keran air yang inovatif, dan pada tahun 1915, ia juga mengembangkan prototipe dari pensil mekanis yang masih dijual hingga saat ini. Setelah itu ia menunjukkan kecerdasan manajerialnnya dengan cara memperluas perusahaan ke dalam bisnis manufaktur elektronik yang kemudian menjadi salah satu brand produk terkenal di dunia yang diberi nama "SHARP", Nama "Sharp" diambil dari nama penemuan pertama pendiri perusahaan tersebut yaitu pensil mekanis temuan Tokuji Hayakawa "Ever-Sharp" yang diciptakan di tahun 1915. dengan produk unggulan radio tape-recorder dan televisi pada awal berdirinya.
Tokuji Hayakawa
mengatakan bahwa Ada banyak kerja keras yang terlibat dalam proses pengembangan
produk ke pasar. Jika produk sukses, perusahaan lain akan keluar dengan produk
sejenis. Mereka mengatakan Jepang pandai meniru, meskipun beberapa orang
mengkritik ini dari sudut pandang etika bisnis. Namun, apa yang ia katakan kepada
divisi perusahaanya adalah "membuat produk yang orang lain ingin
meniru." Produk yang bisa ditiru adalah produk yang baik yang diinginkan
konsumen, produk yang menjual. Oleh karena itu, jika selalu mencoba untuk
keluar dengan produk yang unggul maka pesaing akan meniru, dan perusahaan akan
terus tumbuh. Imitasi menimbulkan persaingan, meningkatkan tingkat teknologi,
dan mengarah kepada kemajuan dalam masyarakat. Namun, perusahaan yang berasal
produk selalu dikejar, sehingga harus memikirkan produk berikutnya dan
melanjutkan penelitian. Dan perusahaan tidak bisa berpuas diri dan puas dengan
hanya satu produk yang baik. Hal ini tidak bisa berpuas diri hanya karena itu
adalah penemu atau penggagas produk. Perusahaan harus melakukan penelitian
untuk menjadikan produk yang lebih baik, karena orang yang memperoleh hasil
maksimal dari produk yang mereka kembangkan.
Tokuji Hayakawa juga
aktif dalam program-program kesejahteraan sosial. Dia meninggal pada tahun 1981
pada usia 86. Sejak itu Sharp Corporation terus berkembang menjadi salah satu
perusahaan elektronik terdepan di dunia. Sharp memproduksi beragam produk
elektronik konsumen. Termasuk televisi LCD dengan nama merek Aquos, telepon
selular, oven microwave, Home Cinema dan sistem audio, Penjernih Udara, penyejuk
udara, mesin facsimile dan kalkulator.
http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/12/biografi-tokuji-hayakawa-pendiri.html
contoh wirausahawan sukes dalam negeri
Martha Tilaar
lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 4
September 1937, ia merupakan seorang pengusaha Kosmetik Terkemuka dengan nama
merek dagang Sariayu Martha Tilaar. Ia menikah dengan H.A.R Tilaar dan
memiliki empat anak, Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar,Wulan Tilaar,Kilala
Tilaar. nenek dari beberapa orang cucu, adalah sosok wanita yang tidak pantang
menyerah. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, Ia tetap mencobanya. Yang
penting adalah bukan melihat besarnya hambatan di depan kita, tapi bagaimana
kita memecahkan masalah yang ada. Kebetulan, suaminya mendapatkan kesempatan
belajar ke luar negeri. Ia pun mengambil kuliah kecantikan dan lulus dari
Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS.
Begitu lulus dari akademi kecantikan Martha segera membuka praktek salon kecantikan di negeri Paman Sam itu. Ia membuat selebaran semacam brosur sederhana, mempromosikan jasa layanan salonnya. Berbagai usaha promosi dilakukan seperti masuk ke kampus-kampus, mendatangi rumah-rumah mantan dosen untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia, atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya tugas di luar negeri. Sekembalinya ke tanah air, Ia membuka salon kecil sederhana di garasi rumah milik ayahnya, dengan ukuran 6 x 4 meter pada tahun 1970, Ia terus berupaya mengembangkan salonnya itu, dengan membagikan selebaran-selebaran ke lingkungan sekitar, memanjakan para pengunjung salon dan mengajak mereka bercakap-cakap, untuk mendekatkan emosional. Dengan kedekatan itu, para pengunjung menjadi betah dan menjadi pelanggan tetap salonnya. Tak lama, dua tahun kemudian 1972 ia membuka salon kedua di Jalan Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sambil memulai penggunaan merek dagang baru Sariayu Martha Tilaar.
Martha juga tak kenal lelah terus mengeksplorasi kekayaan
alam Indonesia untuk produk-produk salonnya. Tujuannya, adalah agar perempuan
Indonesia tetap terpelihara kecantikan dan keayuannya. Marta Tilaar pernah
bertemu dengan perempuan yang menggendong anak sambil menenteng dua anaknya.
Wajahnya terlihat tua, lusuh dan keriput. Saya pikir usianya sudah memasuki
masa 40 tahun. Ternyata, belum sampai dua puluh lima. Karena beban hidup yang
berat dan tidak pernah menjaga kecantikan, perempuan itu terlihat jauh lebih
tua dari usia sebenarnya. Menginjak tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki
kerjasama dengan Theresia Harsini Setiady, dari PT Kalbe Farma. Mereka sepakat
membuat perusahaan kosmetika dan jamu, namanya PT Martina Berto, dan
meluncurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk pertama. Dilanjutkan kemudian
dengan membuka pabrik kosmetik pertama di Jalan Pulo Ayang, kawasan Indsutri
Pulogadung , Jakarta timur yang diresmikan oleh Ny Nelly Adam Malik, saat itu
istri Wakil Presiden Adam Malik.
Tahun 1983 Martha Tilaar mendirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai distributor produk kosmetika Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 Martha Tilaar membuka pabrik kedua, kali ini di Jalan Pulokambing II/1, masih di areal sama Kawasan Industri Pulogadung yang kali ini diresmikan oleh Ny. Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah. Bisnis Martha Tilaar terus berkembang, dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan sampai kemudian ia dan keluarganya menguasai sepenuhnya saham PT Martina Berto. Bersamaan itu dilakukanlah konsolidasi perusahaan digabungkan ke dalam Martha Tilaar Group. Anak perusahaan Martha Tilaar Group terdiri PT Martina Berto dan PT Tiara Permata Sari (sebagai pemanufaktur dan pemasar produk Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Jamu Garden Martha Tilaar).
Martha Tilaar sangat jeli dalam melihat dan menangkap
peluang pasar. Pada tahun 1987, ia meluncurkan produk ”Senja di Sriwedari”
sebagai trend tata rias baru, sebuah ide yang diilhami oleh kekayaan alam dan
budaya Indonesia. Dan produk itu meledak di pasaran. Para tata rias banyak
merekomendasikan produk ini ke Kliennya. Sejak itulah Martha Tilaar selalu
mempersuntingkan nama tempat dan unsur budaya suatu daerah, yang lalu dipadukan
dengan trend busana daerah, ke setiap produk Sariayu Martha Tilaar.
Sebut saja produk yang ia keluarkan
pada tahun 1989 dinamakan Sumatera bergaya, Puri Prameswari (1990) mengambil
dari etnik Cirebon dan Bali, Senandung Nyiur (1991) dari Pantai Indonesia,
Riwayat Asmat (1992) dari Irian Jaya/Papua, Rama-Rama Toraja (1993). Dan,
puncaknya adalah trend warna Pusako Minang dari Minangkabau. Sariayu berhasil
tampil sebagai trendsetter tata rias wajah wanita Indonesia. Perjalanan bisnis
Martha Tilaar tidak selamanya mulus. Ia pernah mengalami jatuh-bangun atau
pasang-surut usaha. Meskipun perusahaannya sudah besar dan maju, orang
masih saja memandangnya sebelah
mata. Maklum, produk jamu kosmetika Sariayu Martha Tilaar sangat identik sekali
sebagai produk lokal. Orang tahunya demikian saja tanpa mau mengenal bahwa
produk Martha Tilaar sesungguhnya sudah mendunia, berkualitas, dan bergengsi.
Bahkan, Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi sebuah ikon produk lokal yang mendunia. Sebagai misal, Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika berkelas Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang. Martha juga selalu berpikir positif dan tidak henti melakukan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah terbiasa menjual makanan-makanan kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang tumbuh subur di tanah milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekelilingnya.
Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang ”Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984 ini menjalani hidup dengan penuh keajaiban kuasa Tuhan. Pernah ‘divonis’ mandul oleh ahli obstetri dan ginekologi luar negeri, setelah 11 tahun lebih menikah dan belum dikaruniai anak. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah. Ia terus berupaya memiliki keturunan melalui cara tradisional. Kebetulan Martha mempunyai nenek ahli pembuat jamu. Selama empat tahun lebih ia rajin mengkonsumsi jejamuan itu dengan kesabaran dan ketelatenan. Hingga pada suatu saat di usia 41 tahun, Martha berhenti menstruasi. Dokter menyatakan Martha telah memasuki masa menopouse. Ia sempat sangat sedih, karena apa yang dicita-citakannya tidak mungkin tercapai.
Tapi, karena kuasa Tuhan Yang Maha Besar, absennya datang bulannya kali ini adalah karena ia mulai mengandung. Martha pun melahirkan anak pertamanya di usia 42 tahun, dan pada tahun-tahun berikutnya lahir tiga orang lagi keturunannya yang kini telah menjadi anak-anak yang sukses. Martha Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengirim staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor, sejumlah magister dan sarjana strata satu lainnya. R&D; memberi hasil lain. Martha Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku impor, berganti dengan bahan baku lokal di setiap produknya. Hasil lain lagi, ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar hadir dalam forum Global Compact, di New York, AS.
Sebagai bentuk keperduliannya terhadap perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat diri. Namun yang terutama agar mereka mempunyai keterampilan tentang kecantikan, sesuatu yang pernah banyak menolong wanita di saat krisis multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan wanita maupun laki-laki di banyak perusahaan lain. Bagi Martha Tilaar perempuan adalah pemersatu yang sangat besar perannya bagi keutuhan bangsa. Karena itu ia tak ingin perempuan terbelakang dalam soal pendidikan.
Bahkan, Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi sebuah ikon produk lokal yang mendunia. Sebagai misal, Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika berkelas Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang. Martha juga selalu berpikir positif dan tidak henti melakukan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah terbiasa menjual makanan-makanan kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang tumbuh subur di tanah milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekelilingnya.
Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang ”Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984 ini menjalani hidup dengan penuh keajaiban kuasa Tuhan. Pernah ‘divonis’ mandul oleh ahli obstetri dan ginekologi luar negeri, setelah 11 tahun lebih menikah dan belum dikaruniai anak. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah. Ia terus berupaya memiliki keturunan melalui cara tradisional. Kebetulan Martha mempunyai nenek ahli pembuat jamu. Selama empat tahun lebih ia rajin mengkonsumsi jejamuan itu dengan kesabaran dan ketelatenan. Hingga pada suatu saat di usia 41 tahun, Martha berhenti menstruasi. Dokter menyatakan Martha telah memasuki masa menopouse. Ia sempat sangat sedih, karena apa yang dicita-citakannya tidak mungkin tercapai.
Tapi, karena kuasa Tuhan Yang Maha Besar, absennya datang bulannya kali ini adalah karena ia mulai mengandung. Martha pun melahirkan anak pertamanya di usia 42 tahun, dan pada tahun-tahun berikutnya lahir tiga orang lagi keturunannya yang kini telah menjadi anak-anak yang sukses. Martha Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengirim staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor, sejumlah magister dan sarjana strata satu lainnya. R&D; memberi hasil lain. Martha Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku impor, berganti dengan bahan baku lokal di setiap produknya. Hasil lain lagi, ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar hadir dalam forum Global Compact, di New York, AS.
Sebagai bentuk keperduliannya terhadap perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat diri. Namun yang terutama agar mereka mempunyai keterampilan tentang kecantikan, sesuatu yang pernah banyak menolong wanita di saat krisis multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan wanita maupun laki-laki di banyak perusahaan lain. Bagi Martha Tilaar perempuan adalah pemersatu yang sangat besar perannya bagi keutuhan bangsa. Karena itu ia tak ingin perempuan terbelakang dalam soal pendidikan.
Mengandalkan kekuatan riset dan 37 peneliti di Martha Tilaar's
Innovation Center (MTIC), Martha sukses memproduksi merek kosmetika, perawatan
tubuh, spa, dan jamu yang dikenal hingga mancanegara. Sebut saja Sariayu,
Caring, Belia, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Biokos, Professional Artist
Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden, dan Dewi Sri Spa. Sebagai korporasi,
Martha Tilaar Group juga berhasil meraih ISO 9001, ISO 14000, dan Sertifikasi
GMP di Asia pada 1996.
rinsip berbagi yang melandasi bisnis kecantikan Martha Tilaar
diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan, terutama bagi perempuan. Grup usaha
Martha Tilaar ini memayungi 11 anak perusahaan dan mempekerjakan sekitar 6.000
karyawan, 70% diantaranya adalah perempuan. Tak sedikit di antara kaum hawa ini
yang mendapatkan kesempatan belajar dan sekolah cuma-cuma untuk mengembangkan
dirinya. Mulai pekerja di ranah rumah tangganya hingga ahli seperti peneliti di
perusahaannya. Martha tak sungkan mengirim peneliti belajaretnobotany ke
Perancis dan medical antropology di Leiden, Belanda. "Pendekatan sains
dibutuhkan untuk mengembangkan produk lokal," katanya. Satu lagi kunci
sukses bisnis Martha Tilaar, fokus pada satu bidang, yakni kecantikan.
"Saya mulai bisnis dari salon, lalu sekolah, pabrik, distribusi yang
semuanya bergerak di bidang kecantikan.
Rencana Pengembangan Usaha
Pada saat saat saya memulai usaha, temtunya saya ingin usaha
saya berkembang dan maju . dan jika
usaha saya sudah mulai maju, maka saya akan membuka cabang di berbagai daerah.
Dan pastinya akan lebih dikenal oleh masyarakat.
Rencana SDM.
Pada awal saya mendirikan usaha,tentunya saya tidak adan
menggunakan SDM terlebih dahulu. Setelah saya mendapatkan keuntungan yang
cukup,maka saya akan membuka lowongan pekerjaan dan akan memilihkaryawan yang
kompeten dan pastinya jujur.
Rencana Keuangan
Dalam menjalankan usaha,pastinya saya akan membuat rencana
keuangan. Rencananya saya akan
emengeluarkan modal saya sendiri sebagai modal awal.dan jika usaha ini berhasil
dan mengasilkan mnghasilkan keuntungan ,
Maka modal tersebut akan di putar untuk bulan berikutnya.
Rencana Pemasaran
Pada awal saya mendirikan usaha yg akan saya jalani, saya
akan merencanakan system pemasaran terlebih dahulu, supaya konsumen mengetahui
produk yang saya buat.
Pertama. Saya akan menjual produk saya dengan cara face to
face / melalui kerabat terdekat yang ada di sekitar kita.
Kedua. Saya akan
mengadakan bazaar di lokasi yang strategis supaya menarik perhatian konsumen.
Inilah rencana pemasaran yg saya buat,jikalau usaha
berhasil,maka seterusnya akan memakai rencana seperti ini.
Rencana Produksi
Pada awal saya mendirikan usaha ,saya akan merencanakan
proses produksi sendiri . dikarenakan supaya kuliatas martabak tersebut
terjaga kebersihan dan rasanya. Dan pastinya tidak akan mengecewakan konsumen.
Rencana Usaha.
Setelah saya mempunyai ide untuk membuka usaha di bidang
kuliner ,saya juga merencanakan untuk membuka usaha itu di kios sekitar
perumahan saya yang lokasinya strategis ,dan usaha yang saya buat adalah
“martabak tahu”.
Kenapa saya membuka usaha martabak tahu, dikarenakan banyak
sekali orang yang menyukai martabak,tetapi martabak yang saya buat berbeda
karena terbuat dari bahan dasar tahu
yang enak dan lezat.
Ide/Peluang Usaha .
Disaat saat seperti sekarang ini banyak sekali orang yang
menyukai martabak tahu sebagai cemilan dan dari situ saya mempunyai ide untuk
mumbuat usaha di bidang kuliner karena peluangnya sangat besar dan jika usaha
yang mulai saya rintis berhasil maka saya akan membuka cabang di bebagai
daerah.
story about experience bad me
At that time i was on vocation in the village,and at the time showed a late afternoon, so i played with my brothers and sisters in the fields.
when i'm going home to play , i was plunged in a fields full of mud.
i was embarrased and laughing by my brothers. so my bad experience of me
when i'm going home to play , i was plunged in a fields full of mud.
i was embarrased and laughing by my brothers. so my bad experience of me
Manfaat Multimedia Pada Website
Multimedia meningkatkan website,
menggabungkan unsur menghibur dengan bisnis yang serius. Konsep unik ini
melibatkan suara, grafis, gambar, teks dan elemen yang berguna dan mempesona
lainnya dalam presentasi multimedia. Ada banyak keuntungan dan manfaat
pelayanan ahli di bidang ini. Ketika awalnya diperkenalkan di bidang
periklanan, itu menciptakan jalur utama di bidang teknologi informasi dan
layanan website desain. Mari kita lihat bagaimana hal ini dapat bermanfaat bagi
bisnis Anda.
Langkah 1 Animate untuk lebih banyak pelanggan
Berbagai situs web ingin menarik perhatian banyak atau lalu lintas ke situs mereka. Mereka ingin untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada sejumlah maksimum orang, sehingga ada kemungkinan yang lebih besar dari bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Penggunaan ahli animasi meningkatkan bisnis Anda dan kemampuan pasar. Hal ini tentu akan meningkatkan prospek bisnis Anda dalam cara yang jauh lebih baik.
Langkah 2 Carilah profesional jika diperlukan
Animasi mungkin sangat mahal dan untuk mempekerjakan multimedia profesional untuk menjaga website Anda adalah mahal. Atau, outsourcing pekerjaan Anda kepada orang lain akan menjadi pilihan ideal. Outsourcing adalah sangat umum saat ini sebagai perusahaan menyerahkan pekerjaan kepada perusahaan lain untuk suatu jangka waktu tetap waktu dan pada tingkat yang telah ditentukan. Pertimbangkan e-lance.com atau guru.com untuk opsi lebih murah.
Langkah 3 Dapatkan Photoshop atau alat multimedia
Satu dapat dengan mudah memodifikasi citra perusahaan dan reputasi melalui teknologi yang efektif. Bidang iklan dan media sangat kuat dan dinamis dengan memperhatikan perubahan ia pergi untuk menangkap pasar disengaja. Alat produktif sangat mujarab untuk mencapai tugas ini. Penggunaan produktif dari fitur dalam situs web tertentu memberi kesan superior bahwa situs tersebut adalah sangat terbaru dengan sampai dengan fitur date. Alat seperti Photoshop.com dan Illustrator sangat efektif. informasi lebih tentang jasa multimedia: promo multimedia
Langkah 1 Animate untuk lebih banyak pelanggan
Berbagai situs web ingin menarik perhatian banyak atau lalu lintas ke situs mereka. Mereka ingin untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada sejumlah maksimum orang, sehingga ada kemungkinan yang lebih besar dari bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Penggunaan ahli animasi meningkatkan bisnis Anda dan kemampuan pasar. Hal ini tentu akan meningkatkan prospek bisnis Anda dalam cara yang jauh lebih baik.
Langkah 2 Carilah profesional jika diperlukan
Animasi mungkin sangat mahal dan untuk mempekerjakan multimedia profesional untuk menjaga website Anda adalah mahal. Atau, outsourcing pekerjaan Anda kepada orang lain akan menjadi pilihan ideal. Outsourcing adalah sangat umum saat ini sebagai perusahaan menyerahkan pekerjaan kepada perusahaan lain untuk suatu jangka waktu tetap waktu dan pada tingkat yang telah ditentukan. Pertimbangkan e-lance.com atau guru.com untuk opsi lebih murah.
Langkah 3 Dapatkan Photoshop atau alat multimedia
Satu dapat dengan mudah memodifikasi citra perusahaan dan reputasi melalui teknologi yang efektif. Bidang iklan dan media sangat kuat dan dinamis dengan memperhatikan perubahan ia pergi untuk menangkap pasar disengaja. Alat produktif sangat mujarab untuk mencapai tugas ini. Penggunaan produktif dari fitur dalam situs web tertentu memberi kesan superior bahwa situs tersebut adalah sangat terbaru dengan sampai dengan fitur date. Alat seperti Photoshop.com dan Illustrator sangat efektif. informasi lebih tentang jasa multimedia: promo multimedia
Sabtu, 12 Januari 2013
PENGERTIAN Z-SKOR
PENGERTIAN
Z-SKOR
Digunakan
untuk mengetahui lebih detail dimana posisi suatu skor dalam suatu distribusi.
Posisi dalam suatu distribusi itu sendiri ditunjukan dengan simbol +/- yang
menunjukan bahwa kalau positif berada di atas mean dan kalo negatif menandakan
sebaliknya. Z-score juga memberi tahu berapa jarak skor itu sendiri dengan
mean.
Rumus
mengubah satu data menjadi z-skor : (x-ยต) / s
Contohnya
:
Suatu
kumpulan data memiliki rata-rata 76. Data tersebut memiliki s sebesar 3.
Tentukan z-score untuk data bernilai 82 dan 73!
Cara
menentukannya, kita harus melihat jarak antara rata-rata dengan skor. Kita
ambil data pertama contohnya 82.
Rumusnya
adalah : x-ยต = 82-76 = +6
Setelah
mengetahui jaraknya, kita harus melihat berapa s yang dimiliki oleh data
tersebut. Karena dalam soal ini, s bernilai 3, berarti +6 dibagi dengan 3 dan
menghasilkan +2. Berarti z-score untuk nilai 82 adalah +2.
Sedangkan
kalau untuk 73, jaraknya menjadi : x-ยต = 73-76 = -3
Setelah
itu langkahnya sama dengan atas dan menjadikan z-score untuk nilai 73 adalah
-1.
Hubungan
antara z-score dengan grafik distribusi :
Formula
z-skor
Setelah
kita mengetahui bagaimana caranya mengubah suatu data menjadi z-skor, sekarang
kita melihat bagaimana caranya mengubah z-skor menjadi data. Kita menggunakan
rumus : x = ยต + zs
Penggunaan
z-skor dalam standard distribusi :
- Ukuran atau bentuk grafik
Ukuran
atau bentuk grafik dari z-skor dengan suatu distribusi akan selalu sama
- Mean
Dalam
z-skor, meannya selalu memiliki nilai 0.
- Standard deviasi
Dalam
z-skor, jarak antara satu skor dengan skor lainnya pasti hanya satu.
Standar
distribusi
Terdiri
dari skor yang telah berubah untuk menciptakan nilai-nilai yang telah
ditentukan. Salah satu keuntungan dari standar distribusi ialah kita bisa
membandingkan skor yang berbeda atau individu yang berbeda meskipun mereka
datang dari distribusi yang sangat berbeda.
Contohnya
: ada seorang anak yang memiliki dua nilai berbeda di dua bidang studi kuliah.
dua-duanya memiliki data ยต dan s. Dengan begitu, kita bisa menentukan dimana
skor nilai anak tersebut di kedua bidang tersebut. Setelah kita dapat melihat
letaknya, kita bisa membandingkan kedua hal tersebut. Namun suatu hal yang
harus diingat, kita tidak bisa membandingkan skor yang diperoleh anak tersebut.
Kita cuma bisa membandingkan mean dan standar deviasinya karena di dua bidang
studi kuliah tersebut sama-sama memiliki mean dan standar deviasi yg sama.
Menghitung
z-skor untuk sampel
Seperti
yang telah dikatakan di bab sebelumnya, perbedaan yang diperoleh dari
perhitungan populasi dan sampel hanya masalah simbol yang mewakilinya.
Untuk
menghitung z-skor, kita bisa menggunakan rumus : (x-M) / s
Apabila
ingin menghitung nilai x dari z-skor kita menggunakan rumus = M + zs
Standar
distribusi sampel
- Grafik
sampel z-skor sama dengan grafik sampel yang asli
- Sampel
z-skor memiliki M=0
- Sampel
z-skor memiliki s=1
Statistik
inferensial
Dalam
statistik inferensial, z-skor memberikan metode objektif untuk menentukan
seberapa baik nilai tertentu mewakili penduduknya. A z-skor mendekati 0 menunjukkan bahwa skor dekat dengan mean populasi
dan karena itu repesentative. A z-score di luar 2 menunjukkan bahwa skor
ekstrim dan terasa berbeda dengan nilai lain dalam distribusi.
http://tugasdeltanne.blogspot.com/2011/02/z-skor.html
PENGERTIAN AKUNTANSI
PENGERTIAN AKUNTANSI
Kata akuntasi berasal dari bahasa inggris to
account yg berarti
memperhitungkan atau mempertanggung
jawabkan dan kata accountancy
yg berarti hal-hal yg bersangkutan dengan sesuatu yg dikerjakan oleh
akuntan (accountant).
Definisi akuntansi selama ini selalu ber ubah
mengikuti perubahan dalam perkembangan dunia bisnis. Dan juga dipengaruhi oleh
pendapat beberapa ahli yg memberikan pengertian yg berbeda tergantung dari
sudut pandang dan penekanan yg mereka anut.
INFORMASI AKUNTANSI
Untuk menjadi informasi,data harus diproses terlebih
dahulu dan disajikan sesuai dengan kebutuhan pemakai tertentu.
Suatu informasi dikatakan mempunyai kualitas apabila
memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
1) ACCURACY : bahwa informasi harus bebas dari kesalahan
dan bias,karena kesalahan dan bias dapat mengurangi nilai informasi.
2) FORM : bahwa informasi harus di
sajikan dalam bentuk (format) yg sesuai dengan permintaan pemakai.
3)TIMELINESS
: penyajian informasi hendak nya tepat waktu,artinya bahwa
informasi tersebut harus tersedia pda saat di butuhkan.
4) RELEVANCY : bahwa informasi yg
disajikan harus ada kesesuaian dengan tujuan dan hendak nya disajikan secara
ringkas.
5)RELIABILITY : bahwa keandalan
informasi harus dapat dipertanggung jawabkan,artinya sumber informasi tidak di
ragukan dan cara pengolahannya dilakukan dengan benar.
PIHAK
YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP INFORMASI KEUANGAN
Pada dasarnya pihak-pihak yg berkepentingan terhadap
informasi keuangan perusahaan terdiri atas
pihak internal dan pihak eksternal.
Pihak eksternal yg mempunyai kepentingan langsung
terhadap informasi keuangan adalah :
1) INVESTOR/PEMILIK : merupakan pihak
yang menyediakan dan menanamkan dana nya ke dalam perusahaan.
2) KREDITUR : merupakan pihak yang
meminjamkan dananya kepada perusahaan.
3) PELANGGAN : pihak ini berkepentingan
dengan informasi keuangan untuk mengevaluasi hubungan usaha dengan perusahaan
dan untuk menentukan kelanjutan hubungan di masa yg akan dating.
4) LEMBAGA PEMERINTAH : lembaga ini
diantaranya berkepentingan untuk mengevaluasi pajak yang telah di setor oleh
perusahaan apakah sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yg berlaku,
5) KARYAWAN : karyawan merupakan pihak
luar karena hubungan karyawan dengan perusahaan sebenarnya dapat diaanggap
sebagai hubungan kontarak kerja.
6) ORGANISASI NON PROFIT :
organisasi-organisasi ini didirikan tidak bertujuan untuk mencari laba ,
seperti misalnya organisasi keagamaan,organisasi pendidikan atau yayasan.
DEFINISI MENEJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI MENEJEMEN
DEFINISI MENEJEMEN
Dalam mengartikan dan mendefinisikan menejemen ada berbagai
ragam,ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan,menejemen. Menejemen
pengurusan dan lain sebagainya. Bila dilihat dan literatur-literatur yg ada.
Pengertian menejemen dapat dilihat dari tiga pengertian. :
1. menejemen sebagai
suatu proses.
2. menejemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. menejemen sebagai ilmu (science)dan sebagai seni (art)
A. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES
Melihat begaimana
cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
Pengertian menejemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut
:
1). ENCYCLOPEDIA OF THE SOCIAL SCIENCE, yaitu suatu proses
dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dab di awasi
2). HAIMAN, menejemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu
tujuan melalui kegiatan orang lain,mengawasi usaha-usaha yang dilakukan
individu untuk mencapai tujuan.
3). GEORGY R. TERRY, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah
di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Menejemen sebagai suatu ilmu dan seni, Melihat banagai mana aktifitas menejemen di
hubungkan dengan prinsip-prinsip dari menejemen. Pengertian menejemen sebagai
suatu ilmu dan seni dari :
1) CHASTER I BERNARD dalam bukunya yg berjudul “THE FUNCTION
OF THE EXECUTIVE”, bahwa menejemen yaitu seni dan ilmu,juga HENRY FAYOL,ALFIN
BROWN HAROLD,KOONTZ CYRIL O’DONNEL dan GEROGE R TERRY.
2) MARRY PARKER FOLLET, menyatakan bahwa menejemen sebagai
seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
C. MENEJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SEBAGAI SENI
Menejemen merupakan suatu ilmu dan seni,mengapa disebut
demikian,sebab antara keduanya tidak dapat dipisahkan. Menejemen sebagai ilmu
pengetahuan,karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan
menjadi suatu teori.
D. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROFESI
Dalam zaman moder n ini semua jenis kegiatan selalu harus di
menejemeni,dalam arti auran yg jelas,dan sekaran boleh dikata bidang menejemen
sudah merupakan suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian,karena dalam
kegiatan apapun pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif,sehingga
diperoleh masukan atau input yang besar.
E. TINGKATAN
MENEJEMEN DAN MENEJER
Bahwa menejemen digunakan dalam segala bentuk kegiatan baik
kegiatan profesi maupun non profesi, baik organisasi pemerintah maupun swasta,
maka menejer dapat di klasifikasikan dalam dua cara yaitu tingkat dalam
organisasi dan lingkup kegiatan yg dilakukan.
Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi,menejemen di bagi
menjadi tiga golongan yaitu. :
1 ) MENEJEMEN LINI (MENEJEMEN TINGKAT PERTAMA), yaitu
tingkatan yang paling rendah dalam suatu
organisasi, dimana seorang yg bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain,
misalnya mandor atau pengawas produksi
dalam suatu pabrik,pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2). MENEJEMEN MENENGAH (MIDDLE MANEGER ),yaitu mencakup
lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi.
3). MENEJEMEN PUNCAK (TOP MANAGER),terdiri atas kelompok
yang relative kecil,yang bertanggung jawab atas menejemen keseluruhan dari
organisasi.
F. FUNGSI FUNGSI
MENEJEMEN
Menejemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui
pelaksanaan fungsi tertentu,tapi belum ada consensus dan kesepakatan apa yang
menjadi fungsi-fungsi menejemen. Fungsi menejemen menurut beberapa penulis
antara lain :
1) ERNEST DALE :
planning,organizing ,staffing,directing,innovating,representing dan
controlling.
2) HANRY FAYOL :
planning,organizing,commanding,coordinating,controlling.
3) GEORGE R TERRY :
planning,organizing,actuating,controlling.
4) DR. SP. SIAGIAN MPA :
planning,organizing,motivating,controlling.
5) DR. WINARDI SE :
planning,organizing,coordinating,actuating,leading,communicating,controlling
Senin, 07 Januari 2013
Tips Singkat Untuk Menghadapi Interview
Tips
Singkat Untuk Menghadapi Interview
Langkah 1 - Lakukan Penelitian
Telitilah perusahaan dan industri dimana mereka beroperasi sehingga anda dapat menunjukkan inisiatif, antusiasme dan minat dalam turut berperan di perusahaan dan industri tersebut.
Cara tercepat untuk melakukan penelitian adalah dengan mencari informasi online. Mulai dari website perusahaan dan kemudian cobalah untuk memperluas pencarian Anda dengan menggunakan mesin pencari. Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Telitilah perusahaan dan industri dimana mereka beroperasi sehingga anda dapat menunjukkan inisiatif, antusiasme dan minat dalam turut berperan di perusahaan dan industri tersebut.
Cara tercepat untuk melakukan penelitian adalah dengan mencari informasi online. Mulai dari website perusahaan dan kemudian cobalah untuk memperluas pencarian Anda dengan menggunakan mesin pencari. Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Apa produk atau jasa utama
perusahaan tersebut?
2.
Bagaimana pendapat publik atas
perusahaan tersebut?
3.
Cari tahu apa yang bisa anda tentang
situasi keuangan perusahaan
4.
Cobalah untuk berpikir sebagai
pelanggan perusahaan dan mengidentifikasi potensi perbaikan
Langkah 2 - Persiapan Interview
Anda harus memastikan bahwa di dalam interview, anda dapat berbicara dengan nyaman tentang diri anda, pengalaman anda dan posisi yang ditawarkan.
Anda harus memastikan bahwa di dalam interview, anda dapat berbicara dengan nyaman tentang diri anda, pengalaman anda dan posisi yang ditawarkan.
1.
Pastikan anda mengenal baik resume
anda dan dapat menerangkan dengan baik.
2.
Pastikan pula anda telah membaca
deskripsi pekerjaan secara menyeluruh dan memikirkan cara-cara di mana
pengalaman Anda akan bermanfaat bagi perusahaan tersebut.
3.
Siapkan diri Anda untuk pertanyaan
wawancara yang bersifat umum.
Langkah 3 - Saat Interview
1.
Pastikan ponsel anda dimatikan.
2.
Tenang dan percaya diri
3.
Sambut pewawancara Anda dengan
berdiri, jabat tangan dan senyum! Bahasa tubuh yang baik sangat penting.
4.
Tunggu sampai pewawancara
mempersilahkan anda duduk.
5.
Duduklah tegak dengan kedua kaki di
lantai.
6.
Bicaralah dengan jelas dan penuh
percaya diri.
7.
Lakukan kontak mata secara nyaman.
8.
Berpikirlah sebelum Anda berbicara.
9.
Gunakan contoh-contoh praktis untuk
menggambarkan keahlian Anda dan menunjukkan bagaimana hal tersebut sesuai
dengan posisi yang ditawarkan.
10. Hindari jawaban satu kata atau terlalu singkat.
11. Tunjukkan antusiasme terhadap posisi tersebut.
12. Selalu tunjukkan sikap berpikir positif.
Langkah 4 - Setelah Interview
Buatlah ringkasan pendek dari interview setelah anda menyelesaikan interview. Perhatikan bagian bagian di mana anda merasa berlangsung dengan baik dan bagian dimana anda merasa sulit untuk dijawab. Ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri untuk kemungkinan interview berikutnya.
Buatlah ringkasan pendek dari interview setelah anda menyelesaikan interview. Perhatikan bagian bagian di mana anda merasa berlangsung dengan baik dan bagian dimana anda merasa sulit untuk dijawab. Ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri untuk kemungkinan interview berikutnya.
Langganan:
Postingan (Atom)