Selasa, 29 Januari 2013

Cita cita menjadi wirausahawan.



Cita –cita saya menjadi wirausahawan berawal dari pertama kali saya mendapat mata kuliah kewirausahaan di kampus saya,dan dari situ saya mendapat inspirasi untuk menjadi wirausahawan yang sukses di masa akan yang akan datang.

Profil usaha



Usaha yang saya jalankan bergerak dibidang kuliner. Saya menjual martabak tahu, dan saya berfikir bahwa semua orang banyak yg menyukai martabak tahu. Jika saya sudah memperoleh keuntungan yg besar,saya akan membuka cabang dan mudah-mudahan martabak buatan saya dapat di sukai oleh masyarakat sekitar.

Rabu, 23 Januari 2013

lembaga atau organisasi yang mendorong kewirausahaan



-        Swasta :
Lembaga Yayasan Bina Negeri
Lembaga PI-UMKM

lembaga atau organisasi yang mendorong kewirausahaan



Pemerintah :
Direktorat  Pembinaan Kursus dan Kelembagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal
-         
S

program program pemerintah swasta



KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA DIBAHAS
Masyarakat Dapat Memikmati Fasilitas yang Memadai

Kabupaten Solok kaya akan sumber daya alam. Seperti beberapa mata air yang dapat dimanfaatkan untuk air minum, transportasi, bahkan dapat dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik dan beberapa bidang lain yang tidak bisa diingkari.
Namun, untuk menggali potensi tersebut memerlukan berbagai macam fasilitas yang memadai. Seperti saluran air untuk menyalurkan air bersih ke rumah warga, sarana dan prasarana pelabuhan dan alat transportasinya, dan mesin-mesin yang dibutuhkan untuk membangkit tenaga listrik.
Pembangunan fasilitas tersebut bukanlah hal yang mudah. Memerlukan dana yang tidak sedikit. Itulah yang menjadi kendala Pemerintah Kabupaten Solok untuk memberikan hak masyarakat memperoleh fasilitas yang memadai.
Solusinya, kerjasama antara pemerintah dan swasta menjadi salah satu alternatif yang menguntungkan. Pembiayaan pembangunan infrastruktur dapat dilaksanakan dengan mendorong investor menanamkan modal di Kabupaten Solok melalui program Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). KPS merupakan program baru yang difasilitasi pemerintah pusat untuk membangun kerjasama pemerintah dengan pihak swasta dalam penyediaan infrastruktur yang meliputi desain dan kontruksi, peningkatan kapasitas/rehabilitasi, operasional dan pemeliharaan dalam rangka memberikan pelayanan.
Bidang-bidang apa saja yang dapat dikerjasamakan antara pemerintah dan swasta? Menurut Kasubid Sumber Daya dan Prasarana, Daswir Elyus, dalam rapat pembahasan kerjasama pemerintah dan swasta hari Rabu (30/5) di Bappeda, bidang-bidang yang dapat dikerjasamakan secara nasional dibatasi oleh beberapa peraturan, yaitu: Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2011 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam penyediaan infrastruktur, Penetapan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2010 tentang Penjamninan infrastruktur dalam Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha  yang dilakukan melalui Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 260 Tahun 2010 tentang Petunjuk  Pelaksanaab Penjaminan Infrastruktur dalam proyek kerjasama pemerintah dengan badan usaha.
Dengan dibatasi peraturan tersebut, ada delapan bidang yang dikerjasamakan. delapan bidang tersebut yaitu: Transportasi, Jalan, Pengairan, Air Minum, Air limbah, Telekomunikasi dan infromatika, Ketenagalistrikan, Minyak dan Gas Bumi.
Dari delapan bidang tersebut, tidak semua bidang yang dapat dikerjasamakan di Kabupaten Solok. Sebelumnya akan disesuaikan dengan RPJMD dan Renstra Kabupaten Solok, kesesuaian lokasi proyek dengan RTRW, adanya keterkaitan antar sektor pembangunan dan perkiraan potensi pemulihan biaya (cost recovering).
Sesuai hasil pemaparan SKPD di dalam rapat, Kabupaten Solok memiliki lima bidang yang dapat dijadikan peluang untuk dikerjasamakan. Lima bidang tersebut yaitu:

Bidang Transportasi
Pelayanan jasa kepelabuhan, sarana dan prasarana perkerataapian.
Bidang Air Minum
Instalasi pengelolahan air minum, jaringan distribusi, jaringan transmisi dan bangunan pengambilan air baku.
Bidang Kelistrikan
PLTMH dan panas bumi di Gunung Talang, Bukik Kili dengan Kapasistas 90 MW dan Koto Sani.
Bidang Pengairan
Saluran air baku.
Bidang Air limbah
Sarana persampahan yang meliputi pengangkut dan tempat pembuangan.

Dengan adanya Kerjasama Pemerintah Swasta memberikan keuntungan tersendiri bagi pemerintah, pihak swasta dan masyarakat Kabupaten Solok. Keuntungan yang diperoleh diantaranya, dapat mencukupi kebutuhan pendanaan secara berkelanjutan dalam penyediaan infrastruktur melalui pengerahan dana swasta. Dengan dana yang mencukupi, kualitas infrastruktur dan pemeliharaanya akan lebih baik.
Swasta (investor) akan menguntungkan dengan mengikuti KPS ini. Karena KPS merupakan proyek yang difasilitasi dan dipersiapkan sepenuhnya oleh pemerintah. Untuk risiko sendiri diluar kendali badan usaha, dijamin oleh pemerintah.
Manfaat yang diterima masyarakat merupakan titik tolak diadakannya kerjasama ini. Dengan lancarnya pendanaan, pengembangan infrastruktur yang berkualitas dapat dipenuhi. Hak masyarakat untuk menikmati fasilitas dan pelayanan yang lebih baik juga dapat diperoleh.

http://www.bappeda-kabsolok.com/index.php?option=com_content&view=article&id=194:kerjasama-pemerintah-dan-swasta-dibahas

program program pemerintah


     Di era globalisasi ini segala sesuatu sangat mudah untuk diperoleh, apalagi dengan adanya perdagangan bebas dimana harus memaksa Negara-negara untuk bersikap mandiri demi menjaga kestabilan system perekonomian. Untuk itu banyak Negara yang bersaing dalam pasar internasional, supaya dapat menguasai produk-produk yang banyak dibutuhkan oleh berbagai Negara. Dengan adanya sikap seperti ini mau tidak mau pemerintah harus mulai memikirkan solusinya. Apalagi di tengah himpitan ekonomi yang melanda bangsa Indonesia saat ini, pemerintah harus mulai berfikir lebih cermat dalam hal peningkatan stabilitas ekonomi di Indonesia. Menurut data ( Badan Pusat Statistik ) pengangguran di Indonesia sudah mencapai angka 8,12 juta jiwa pada Febbruari 2012, dimana pemerintah dalam hal ini harus mulai berfikir terhadap nasib rakyatnya. Jika hal ini tidak di hindari dan akan menjadikan pengangguran sebagai beban Negara melalui subsidi yang telah digelontorkan pemerintah, hal ini tidak benar karena dengan adanya subsidi tersebut pemerintah akan membuat rakyatnya memiliki mental yang buruk. Apalagi ketika kita melihat para Tenaga Kerja Indonesia yang berbondong-bondong mencari pekerjaan di negeri orang, hal ini sungguh sangat miris ketika dalam perjalanannya mereka mengalami berbagai penyiksaan. Oleh karena itu pemerintah harus mulai memberdayakan masyarakatnya melalui pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat menciptakan lapangan kerja baru, untuk itu pemerintah sebagai pemegang izin serta penetap kebijakan ekonomi harus ikut menjembatani masyarakat dalam menjalankan usahanya. Lebih tepatnya pemerintah harus membantu dalam pemodalan usaha.
Untuk mempermudah masyarakat dalam memiliki modal, tentu pemerintah dapat bekerja sama dengan Perbankan ataupun koperasi sebagai lembaga penyalur serta penghimpun dana dari masyarakat. Fugsi perbankan ataupun koperasi sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, hal ini sesuai dengan tugas perbankan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang menyatakan bahwa : Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dengan adanya undang-undang tersebut tentu kita sebagai masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas ekonomi mampu memanfaatkan tugas dan fungsi koperasi serta perbankan.
     Dalam peningkatan kualitas serta mutu, koperasi dan perbankan sebagai fungsinya, apalagi dengan munculnya banyak perbankan dan koperasi di Indonesia tentu hal ini akan semakin banyak sekali lembaga keuangan tersebut yang menawarkan kemudahan dalam penyaluran kredit usaha kecil menengah (UKM). Maka dari itu masyarakat perlu cerdas dalam memanfaatkan kesempatan ini, dan masyarakat tak perlu lagi bersusah payah untuk memperoleh modal usaha.
Saat ini banyak sekali usaha yang bergerak dalam skala kecil atau saat ini lebih sering di kenal dengan usaha mikro, walaupun usaha ini terbilang kecil justru dari sinilah kita perlu mengembangkannya, karena usaha mikro ini di anggap mampu bertahan terhadap krisis moneter karena usaha seperti ini tidak bergantung pada modal asing. Namun dalam hal ini usaha mikro juga memiliki beberapa masalah dalam hal manajemen keuangan, agunan dan keterbatasan dalam kewirausahaan. Dengan pemahaman atas permasalahan di atas, akan dapat ditengarai berbagai problem dalam UKM dalam tingkatan yang berbeda,sehingga solusi dan penanganannya pun seharusnya berbeda pula. Sementara itu, dari hasil survey tentang profil UKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia, terdapat permasalahan maupun kendala UKM yang dilihat dari perspektif UKM itu sendiri maupun dari perbankan. Dari sisi UKM beberapa variabel penting yang masih rendah kinerjanya antaralain: kemudahan UKM dalam memperoleh ijin; kemampuan UKM untuk mengelola keuangan; ketepatan waktu dan jumlah perolehan kredit. (Sumber : Buletin Hukum Perbankan dan Kebanksentralan).
     Jika pelaku usaha kecil ini dapat bekerjasama dengan perbankan maupun koperasi, tidak hanya meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi di Negara ini melainkan dapat mengurangi pula angka kemiskinan yang diakibatkan banyaknya pengangguran. Apalagi jika produk yang dihasilkan oleh UKM ini dapat menembus pasar internasional, tentu tidak hanya mengentaskan kemiskinan serta pengangguran namun juga dapat meningkatkan devisa. Selain itu tingginya nilai ekonomi yang dihasilkan oleh UKM hal ini pula yang akan menarik pemodal (dalam hal ini perbankan dan koperasi ) untuk lebih mengembangkan usahanya demi kelancaran usaha kedua belah pihak. Dalam hal ini perbankan maupun koperasi seharusnya tidak hanya memberikan kemudahan dalam segi pemodalan saja, melainkan juga dapat memberikan kemudahan dalam hal pelatihan dan penelitian dimana dalam penjabarannya pelatihan dapat meningkatkan mutu serta sumber daya manusianya dalam mengolah produk yang dihasilkan. Sedangkan dalam hal penelitian di harapkan perbankan dan koperasi mampu memberikan pengetahuan tentang kondisi pasar dalam negeri maupun asing, beserta untuk memberikan informasi tentang peluang bisnis yang ada. Hal ini juga dibahas dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 ,kebijakan Bank Indonesia dalam membantu pengembangan UKM.
     Pada kenyataannya, saat ini pemerintah melalui lembaga-lembaga yang terkait telah memulai usahanya dalam peningkatan mutu serta kualitas sumber daya manusia. Dengan kebjiakanya melalui program-progam usaha kelompok mandiri untuk ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti pameran dari hasil kerajinan masyarakat desa yang dianggap mampu menarik para wisatawan baik domestic maupun manca negara. Apalagi didukung dengan banyaknya tempat wisata yang kita miliki, hal ini merupakan nilai lebih dimana dalam hal pemasarannya kita dapat menyertakan produk-produk hasil tangan bangsa ini yang tidak kalah kualitasnya di bandingkan produk Negara lain. Dan jika di cermati dengan seksama, bank serta koperasi tidak hanya mengikuti trend dimana UKM ini merupakan suatu usaha yang mulai tenar saat ini, melainkan merupakan strategi bisnis untuk dapat memperkuat jaringan serta system yang ada dalam perbankan serta koperasi. Disinilah peran perbankan dan koperasi sangat diperlukan, karena kedua lembaga ini di anggap mampu dan dapat menjalankan perannya dalam hal peminjaman modal serta penghimpun dana dari masyarakat sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992.Namun demikian kita sebagai masyarakat yang ingin maju, juga harus memiliki antusiasme yang tinggi.
     Dengan hadirnya perbankan serta koperasi dan dukungan serta arahan dari pemerintah untuk berperan serta dalam mewadahi aspirasi masyarakat yang dapat diwujudkan dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah, diharapkan masyarakat yang semula hanya menanti bantuan dan tidak produktif dapat terserap untuk dapat memanfaatkan kemampuannya dan ikut serta dalam mengembangkan usaha tersebut. Dalam hal lain kita juga dapat mengurangi angka pengangguran serta membuktikan kepada dunia bahwa bangsa kita bukanlah bangsa yang hanya dapat mengekspor pembantu rumah tangga, melainkan bangsa kita mengekspor barang- barang dengan kualitas tinggi yang dapat menembus pasar internasional. Dan untuk kedepannya akan banyak investor asing yang akan menanamkan modalnya untuk ikut serta dalam pengembangan usaha ini. 

http://m471d-s.blogspot.com/2012/06/peran-perbankan-dan-koperasi-dalam.ht

Social Entrepreneurship (sosial kewirausahaan)



Baru-baru ini istilah enterpreneurship atau kewirausahaan sangat sering di bicarakan di berbagai forum dan media. Metode pendidikan dan pelatihan secara gencar juga menawarkan skill ini untuk bisa di implemntasikan masyarakat secara luas. Di era dimana kesenjangan sosial sangat tinggi dan kontras serta kemakmuran menjadi barang ekslusif, maka kehadiran para Social Enterpreneur sangat dibutuhkan sebagai bagian dari solusi masalah sosial di masyarakat.
Secara istilah Social Entrepreneur menurut Austin Stevenson dan Wei-Skillern yaitu  pengusaha sosial yang bertujuan untuk melayani kebutuhan dasar masyarakat, bertolak belakang dengan  pengusaha tradisional atau konvensional yang hanya meraih pasar yang besar dan memperoleh keuntungan, dalam proses bertaraf minimum untuk kepentingan masyarakatnya (sumber wikipedia).
Jadi Social Entrepreneurship merupakan sebuah istilah turunan dari kewirausahaan. Gabungan dari dua kata, social yang artinya kemasyarakatan, dan entrepreneurshipyang artinya kewirausahaanPengertian sederhana dari Social Entrepreneur adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuanentrepreneurship untuk melakukan perubahan sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan (welfare), pendidikan dan kesehatan (healthcare)(Santosa, 2007).
Jaman ORBA dahulu sebenarnya telah tercetus bibit-bibit Social Enterpreneur dengan istilah “Kesetiakawanan Sosial” yang artinya memberikan perhatian sosial kepada sesama dalam lingkup masyarakat kecil maupun lebih besar sebagai sebuah bangsa.
Social Entrepreneurship pada dasarnya tidak terbatas pada  suatu aksi sosial sebuah lembaga, organisasi atau perusahaan melalui program CSR, Corporate Social Responsibility atau lembaga sosial lainnya. Dari spirit-nya Social Entrepreneurshiplebih bersifat suatu mental atau attitude suatu personal atau masyarakatnya. memang mental ini sesungguhnya sudah sangat bertentangan dengan common attitude individu atau masyarakat saat ini. Dan social entrepreneursip mempunyai cirri dan sifat sebagai berikut. :

Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan

Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
·         Percaya diri
·         Berorientasikan tugas dan hasil
·         Pengambil risiko
·         Kepemimpinan
·         Keorisinilan
·         Berorientasi ke masa depan
·         Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
·         Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
·         Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik ddan memiliki inisiatif.
·         Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
·         Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
·         Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
·         Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
·         Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

contoh wirausahawan sukses luar negeri



Tokuji Hayakawa dilahirkan pada tahun 1893 di Tokyo, Jepang. Tokuji Hayakawa merupakan pendiri dari perusahaan elektronik asal jepang bernama SHARP. Tokuji Hayakawa terlahir dalam keadaan yang amat sulit dalam kondisi kemiskinan yang dimiliki oleh keluarganya, Tokuji Hayakawa kemudian diadopsi oleh keluarga Sato. Ia mendengar kenyataan bahwa Ia diadopsi tidak sampai dewasa. Dia kemudian meninggalkan sekolah dasar setelah kelas dua dikarenakan kondisi keluarganya yang amat miskin, dan ia kemudian magang ke pembuat ornamen logam. Dia bekerja dengan rajin dan baik dengan tujuan untuk meningkatkan keahliannya dalam bidang logam dan pemahaman tentang perdagangan dan penjualan, karena keuletan dan kerja kerasnya, ia mendapatkan kepercayaan dari bosnya.

Meskipun ikat pinggang telah digunakan sejak zaman kuno untuk aksesoris seperti baju besi dan sepatu, yang kemudian mulai digunakan pada ikat pinggang untuk celana anak laki-laki pada abad ke-15 dan kemudian untuk digunakan dalam pakaian perempuan di abad ke-19. Ketika Hayakawa meluncurkan ikat pinggang ciptaanya pada tahun 1912, permintaan di Jepang untuk ikat pinggang meningkat dengan penyebaran gaya model Barat. Namun, Hayakawa dan pengrajin lainnya belum sempat mengenakan pakaian gaya Barat dan ikat pinggang. Hayakawa secara kebetulan melihat seorang aktor film yang kurang senang dengan model ikat pinggang yang ia gunakan. Hal ini kemudian menjadi inspirasi dia untuk menghabiskan waktunya menciptakan ikat pinggang atau sabuk baru yang panjang yang bisa diikat. ia kemudian mengembangkan ikat pinggang atau ikat pinggang unik ciptaannya itu.

Bosnya kemudian mengagumi ciptaaanya dan merekomendasikan Tokuji untuk mengajukan permohonan hak paten. Dia mengusulkan nama "Tokubijo" mengadopsi salah satu karakter Tokuji untuk nama hak patennya. Karena tekanan untuk memberikan produk yang tepat waktu, Tokuji memutuskan untuk membangun pabrik untuk memproduksi produk ciptaannya. Dia kemudian meminjam emminjam sebagian lahan ibukota untuk membangun pabriknya dan kemudian ia mendirikan tokonya pada bulan September di tahun 1912. Dia memperkenalkan cara untuk mengembangkan industri, ia kemudian banyak merekrut pekerja untuk dipekerjakan di pabriknya untuk meningkankan produksi dan pesanan para konsumennya. Dia kemudian mampu keluar dan membayar semua utang-utangnya. Dia terus meningkatkan proses manufaktur untuk produknya dan memperluas bisnisnya ke tahap yang lebih besar.

Pada tahun 1913, Hayakawa memperoleh paten dari sebuah keran air yang inovatif, dan pada tahun 1915, ia juga mengembangkan prototipe dari pensil mekanis yang masih dijual hingga saat ini. Setelah itu ia menunjukkan kecerdasan manajerialnnya dengan cara memperluas perusahaan ke dalam bisnis manufaktur elektronik yang kemudian menjadi salah satu brand produk terkenal di dunia yang diberi nama "SHARP", Nama "Sharp" diambil dari nama penemuan pertama pendiri perusahaan tersebut yaitu pensil mekanis temuan Tokuji Hayakawa "Ever-Sharp" yang diciptakan di tahun
1915. dengan produk unggulan radio tape-recorder dan televisi pada awal berdirinya. 

Tokuji Hayakawa mengatakan bahwa Ada banyak kerja keras yang terlibat dalam proses pengembangan produk ke pasar. Jika produk sukses, perusahaan lain akan keluar dengan produk sejenis. Mereka mengatakan Jepang pandai meniru, meskipun beberapa orang mengkritik ini dari sudut pandang etika bisnis. Namun, apa yang ia katakan kepada divisi perusahaanya adalah "membuat produk yang orang lain ingin meniru." Produk yang bisa ditiru adalah produk yang baik yang diinginkan konsumen, produk yang menjual. Oleh karena itu, jika selalu mencoba untuk keluar dengan produk yang unggul maka pesaing akan meniru, dan perusahaan akan terus tumbuh. Imitasi menimbulkan persaingan, meningkatkan tingkat teknologi, dan mengarah kepada kemajuan dalam masyarakat. Namun, perusahaan yang berasal produk selalu dikejar, sehingga harus memikirkan produk berikutnya dan melanjutkan penelitian. Dan perusahaan tidak bisa berpuas diri dan puas dengan hanya satu produk yang baik. Hal ini tidak bisa berpuas diri hanya karena itu adalah penemu atau penggagas produk. Perusahaan harus melakukan penelitian untuk menjadikan produk yang lebih baik, karena orang yang memperoleh hasil maksimal dari produk yang mereka kembangkan. 
Tokuji Hayakawa juga aktif dalam program-program kesejahteraan sosial. Dia meninggal pada tahun 1981 pada usia 86. Sejak itu Sharp Corporation terus berkembang menjadi salah satu perusahaan elektronik terdepan di dunia. Sharp memproduksi beragam produk elektronik konsumen. Termasuk televisi LCD dengan nama merek Aquos, telepon selular, oven microwave, Home Cinema dan sistem audio, Penjernih Udara, penyejuk udara, mesin facsimile dan kalkulator. 
http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/12/biografi-tokuji-hayakawa-pendiri.html

contoh wirausahawan sukes dalam negeri



Martha Tilaar
lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 4 September 1937, ia merupakan seorang pengusaha Kosmetik Terkemuka dengan nama merek dagang Sariayu Martha Tilaar. Ia menikah dengan H.A.R Tilaar dan memiliki empat anak, Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar,Wulan Tilaar,Kilala Tilaar. nenek dari beberapa orang cucu, adalah sosok wanita yang tidak pantang menyerah. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, Ia tetap mencobanya. Yang penting adalah bukan melihat besarnya hambatan di depan kita, tapi bagaimana kita memecahkan masalah yang ada. Kebetulan, suaminya mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri. Ia pun mengambil kuliah kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS.

Begitu lulus dari akademi kecantikan Martha segera membuka praktek salon kecantikan di negeri Paman Sam itu. Ia membuat selebaran semacam brosur sederhana, mempromosikan jasa layanan salonnya. Berbagai usaha promosi dilakukan seperti masuk ke kampus-kampus, mendatangi rumah-rumah mantan dosen untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia, atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya tugas di luar negeri. Sekembalinya ke tanah air, Ia membuka salon kecil sederhana di garasi rumah milik ayahnya, dengan ukuran 6 x 4 meter pada tahun 1970, Ia terus berupaya mengembangkan salonnya itu, dengan membagikan selebaran-selebaran ke lingkungan sekitar, memanjakan para pengunjung salon dan mengajak mereka bercakap-cakap, untuk mendekatkan emosional. Dengan kedekatan itu, para pengunjung menjadi betah dan menjadi pelanggan tetap salonnya. Tak lama, dua tahun kemudian 1972 ia membuka salon kedua di Jalan Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sambil memulai penggunaan merek dagang baru Sariayu Martha Tilaar.

Martha juga tak kenal lelah terus mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia untuk produk-produk salonnya. Tujuannya, adalah agar perempuan Indonesia tetap terpelihara kecantikan dan keayuannya. Marta Tilaar pernah bertemu dengan perempuan yang menggendong anak sambil menenteng dua anaknya. Wajahnya terlihat tua, lusuh dan keriput. Saya pikir usianya sudah memasuki masa 40 tahun. Ternyata, belum sampai dua puluh lima. Karena beban hidup yang berat dan tidak pernah menjaga kecantikan, perempuan itu terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Menginjak tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki kerjasama dengan Theresia Harsini Setiady, dari PT Kalbe Farma. Mereka sepakat membuat perusahaan kosmetika dan jamu, namanya PT Martina Berto, dan meluncurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk pertama. Dilanjutkan kemudian dengan membuka pabrik kosmetik pertama di Jalan Pulo Ayang, kawasan Indsutri Pulogadung , Jakarta timur yang diresmikan oleh Ny Nelly Adam Malik, saat itu istri Wakil Presiden Adam Malik.

Tahun 1983 Martha Tilaar mendirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai distributor produk kosmetika Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 Martha Tilaar membuka pabrik kedua, kali ini di Jalan Pulokambing II/1, masih di areal sama Kawasan Industri Pulogadung yang kali ini diresmikan oleh Ny. Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah. Bisnis Martha Tilaar terus berkembang, dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan sampai kemudian ia dan keluarganya menguasai sepenuhnya saham PT Martina Berto. Bersamaan itu dilakukanlah konsolidasi perusahaan digabungkan ke dalam Martha Tilaar Group. Anak perusahaan Martha Tilaar Group terdiri PT Martina Berto dan PT Tiara Permata Sari (sebagai pemanufaktur dan pemasar produk Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Jamu Garden Martha Tilaar).
Martha Tilaar sangat jeli dalam melihat dan menangkap peluang pasar. Pada tahun 1987, ia meluncurkan produk ”Senja di Sriwedari” sebagai trend tata rias baru, sebuah ide yang diilhami oleh kekayaan alam dan budaya Indonesia. Dan produk itu meledak di pasaran. Para tata rias banyak merekomendasikan produk ini ke Kliennya. Sejak itulah Martha Tilaar selalu mempersuntingkan nama tempat dan unsur budaya suatu daerah, yang lalu dipadukan dengan trend busana daerah, ke setiap produk Sariayu Martha Tilaar.
Sebut saja produk yang ia keluarkan pada tahun 1989 dinamakan Sumatera bergaya, Puri Prameswari (1990) mengambil dari etnik Cirebon dan Bali, Senandung Nyiur (1991) dari Pantai Indonesia, Riwayat Asmat (1992) dari Irian Jaya/Papua, Rama-Rama Toraja (1993). Dan, puncaknya adalah trend warna Pusako Minang dari Minangkabau. Sariayu berhasil tampil sebagai trendsetter tata rias wajah wanita Indonesia. Perjalanan bisnis Martha Tilaar tidak selamanya mulus. Ia pernah mengalami jatuh-bangun atau pasang-surut usaha. Meskipun perusahaannya sudah besar dan maju, orang
masih saja memandangnya sebelah mata. Maklum, produk jamu kosmetika Sariayu Martha Tilaar sangat identik sekali sebagai produk lokal. Orang tahunya demikian saja tanpa mau mengenal bahwa produk Martha Tilaar sesungguhnya sudah mendunia, berkualitas, dan bergengsi.

Bahkan, Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi sebuah ikon produk lokal yang mendunia. Sebagai misal, Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika berkelas Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Sebagai pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang. Martha juga selalu berpikir positif dan tidak henti melakukan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah terbiasa menjual makanan-makanan kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang tumbuh subur di tanah milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekelilingnya.

Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang ”Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984 ini menjalani hidup dengan penuh keajaiban kuasa Tuhan. Pernah ‘divonis’ mandul oleh ahli obstetri dan ginekologi luar negeri, setelah 11 tahun lebih menikah dan belum dikaruniai anak. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah. Ia terus berupaya memiliki keturunan melalui cara tradisional. Kebetulan Martha mempunyai nenek ahli pembuat jamu. Selama empat tahun lebih ia rajin mengkonsumsi jejamuan itu dengan kesabaran dan ketelatenan. Hingga pada suatu saat di usia 41 tahun, Martha berhenti menstruasi. Dokter menyatakan Martha telah memasuki masa menopouse. Ia sempat sangat sedih, karena apa yang dicita-citakannya tidak mungkin tercapai.

Tapi, karena kuasa Tuhan Yang Maha Besar, absennya datang bulannya kali ini adalah karena ia mulai mengandung. Martha pun melahirkan anak pertamanya di usia 42 tahun, dan pada tahun-tahun berikutnya lahir tiga orang lagi keturunannya yang kini telah menjadi anak-anak yang sukses. Martha Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengirim staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor, sejumlah magister dan sarjana strata satu lainnya. R&D; memberi hasil lain. Martha Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku impor, berganti dengan bahan baku lokal di setiap produknya. Hasil lain lagi, ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar hadir dalam forum Global Compact, di New York, AS.

Sebagai bentuk keperduliannya terhadap perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat diri. Namun yang terutama agar mereka mempunyai keterampilan tentang kecantikan, sesuatu yang pernah banyak menolong wanita di saat krisis multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan wanita maupun laki-laki di banyak perusahaan lain. Bagi Martha Tilaar perempuan adalah pemersatu yang sangat besar perannya bagi keutuhan bangsa. Karena itu ia tak ingin perempuan terbelakang dalam soal pendidikan.

Mengandalkan kekuatan riset dan 37 peneliti di Martha Tilaar's Innovation Center (MTIC), Martha sukses memproduksi merek kosmetika, perawatan tubuh, spa, dan jamu yang dikenal hingga mancanegara. Sebut saja Sariayu, Caring, Belia, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Biokos, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden, dan Dewi Sri Spa. Sebagai korporasi, Martha Tilaar Group juga berhasil meraih ISO 9001, ISO 14000, dan Sertifikasi GMP di Asia pada 1996.

rinsip berbagi yang melandasi bisnis kecantikan Martha Tilaar diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan, terutama bagi perempuan. Grup usaha Martha Tilaar ini memayungi 11 anak perusahaan dan mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan, 70% diantaranya adalah perempuan. Tak sedikit di antara kaum hawa ini yang mendapatkan kesempatan belajar dan sekolah cuma-cuma untuk mengembangkan dirinya. Mulai pekerja di ranah rumah tangganya hingga ahli seperti peneliti di perusahaannya. Martha tak sungkan mengirim peneliti belajaretnobotany ke Perancis dan medical antropology di Leiden, Belanda. "Pendekatan sains dibutuhkan untuk mengembangkan produk lokal," katanya. Satu lagi kunci sukses bisnis Martha Tilaar, fokus pada satu bidang, yakni kecantikan. "Saya mulai bisnis dari salon, lalu sekolah, pabrik, distribusi yang semuanya bergerak di bidang kecantikan.

Rencana Pengembangan Usaha


Pada saat saat saya memulai usaha, temtunya saya ingin usaha saya berkembang dan maju .  dan jika usaha saya sudah mulai maju, maka saya akan membuka cabang di berbagai daerah. Dan pastinya akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Rencana SDM.


Pada awal saya mendirikan usaha,tentunya saya tidak adan menggunakan SDM terlebih dahulu. Setelah saya mendapatkan keuntungan yang cukup,maka saya akan membuka lowongan pekerjaan dan akan memilihkaryawan yang kompeten dan pastinya jujur.

Rencana Keuangan


Dalam menjalankan usaha,pastinya saya akan membuat rencana keuangan.  Rencananya saya akan emengeluarkan modal saya sendiri sebagai modal awal.dan jika usaha ini berhasil dan mengasilkan  mnghasilkan keuntungan , Maka modal tersebut akan di putar untuk bulan berikutnya.

Rencana Pemasaran


Pada awal saya mendirikan usaha yg akan saya jalani, saya akan merencanakan system pemasaran terlebih dahulu, supaya konsumen mengetahui produk yang saya buat.
Pertama. Saya akan menjual produk saya dengan cara face to face / melalui kerabat terdekat yang ada di sekitar kita.
Kedua.  Saya akan mengadakan bazaar di lokasi yang strategis supaya menarik perhatian konsumen.
Inilah rencana pemasaran yg saya buat,jikalau usaha berhasil,maka seterusnya akan memakai rencana seperti ini.

Rencana Produksi



Pada awal saya mendirikan usaha ,saya akan merencanakan proses produksi sendiri . dikarenakan supaya kuliatas martabak tersebut terjaga  kebersihan dan rasanya.  Dan pastinya tidak akan mengecewakan konsumen.

Rencana Usaha.




Setelah saya mempunyai ide untuk membuka usaha di bidang kuliner ,saya juga merencanakan untuk membuka usaha itu di kios sekitar perumahan saya yang lokasinya strategis ,dan usaha yang saya buat adalah “martabak tahu”.
Kenapa saya membuka usaha martabak tahu, dikarenakan banyak sekali orang yang menyukai martabak,tetapi martabak yang saya buat berbeda karena  terbuat dari bahan dasar tahu yang enak dan lezat. 

Ide/Peluang Usaha .




Disaat saat seperti sekarang ini banyak sekali orang yang menyukai martabak tahu sebagai cemilan dan dari situ saya mempunyai ide untuk mumbuat usaha di bidang kuliner karena peluangnya sangat besar dan jika usaha yang mulai saya rintis berhasil maka saya akan membuka cabang di bebagai daerah.

story about experience bad me

  At that time i was on vocation in the village,and at the time showed a late afternoon, so i played with my brothers and sisters in the fields.
 
   when i'm going home to play , i was plunged in a fields full of mud.
     
i was embarrased and laughing by my brothers.  so my bad experience of me

Manfaat Multimedia Pada Website



Multimedia meningkatkan website, menggabungkan unsur menghibur dengan bisnis yang serius. Konsep unik ini melibatkan suara, grafis, gambar, teks dan elemen yang berguna dan mempesona lainnya dalam presentasi multimedia. Ada banyak keuntungan dan manfaat pelayanan ahli di bidang ini. Ketika awalnya diperkenalkan di bidang periklanan, itu menciptakan jalur utama di bidang teknologi informasi dan layanan website desain. Mari kita lihat bagaimana hal ini dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Langkah 1 Animate untuk lebih banyak pelanggan

Berbagai situs web ingin menarik perhatian banyak atau lalu lintas ke situs mereka. Mereka ingin untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada sejumlah maksimum orang, sehingga ada kemungkinan yang lebih besar dari bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Penggunaan ahli animasi meningkatkan bisnis Anda dan kemampuan pasar. Hal ini tentu akan meningkatkan prospek bisnis Anda dalam cara yang jauh lebih baik.

Langkah 2 Carilah profesional jika diperlukan

Animasi mungkin sangat mahal dan untuk mempekerjakan multimedia profesional untuk menjaga website Anda adalah mahal. Atau, outsourcing pekerjaan Anda kepada orang lain akan menjadi pilihan ideal. Outsourcing adalah sangat umum saat ini sebagai perusahaan menyerahkan pekerjaan kepada perusahaan lain untuk suatu jangka waktu tetap waktu dan pada tingkat yang telah ditentukan. Pertimbangkan e-lance.com atau guru.com untuk opsi lebih murah.

Langkah 3 Dapatkan Photoshop atau alat multimedia

Satu dapat dengan mudah memodifikasi citra perusahaan dan reputasi melalui teknologi yang efektif. Bidang iklan dan media sangat kuat dan dinamis dengan memperhatikan perubahan ia pergi untuk menangkap pasar disengaja. Alat produktif sangat mujarab untuk mencapai tugas ini. Penggunaan produktif dari fitur dalam situs web tertentu memberi kesan superior bahwa situs tersebut adalah sangat terbaru dengan sampai dengan fitur date. Alat seperti Photoshop.com dan Illustrator sangat efektif. informasi lebih tentang jasa multimedia:
promo multimedia

Sabtu, 12 Januari 2013

PENGERTIAN Z-SKOR


PENGERTIAN Z-SKOR
Digunakan untuk mengetahui lebih detail dimana posisi suatu skor dalam suatu distribusi. Posisi dalam suatu distribusi itu sendiri ditunjukan dengan simbol +/- yang menunjukan bahwa kalau positif berada di atas mean dan kalo negatif menandakan sebaliknya. Z-score juga memberi tahu berapa jarak skor itu sendiri dengan mean.
Rumus mengubah satu data menjadi z-skor : (x-ยต) / s
Contohnya :
Suatu kumpulan data memiliki rata-rata 76. Data tersebut memiliki s sebesar 3. Tentukan z-score untuk data bernilai 82 dan 73!
Cara menentukannya, kita harus melihat jarak antara rata-rata dengan skor. Kita ambil data pertama contohnya 82.
Rumusnya adalah : x-ยต = 82-76 = +6
Setelah mengetahui jaraknya, kita harus melihat berapa s yang dimiliki oleh data tersebut. Karena dalam soal ini, s bernilai 3, berarti +6 dibagi dengan 3 dan menghasilkan +2. Berarti z-score untuk nilai 82 adalah +2.
Sedangkan kalau untuk 73, jaraknya menjadi : x-ยต = 73-76 = -3
Setelah itu langkahnya sama dengan atas dan menjadikan z-score untuk nilai 73 adalah -1.
Hubungan antara z-score dengan grafik distribusi :
Formula z-skor
Setelah kita mengetahui bagaimana caranya mengubah suatu data menjadi z-skor, sekarang kita melihat bagaimana caranya mengubah z-skor menjadi data. Kita menggunakan rumus : x = ยต + zs
Penggunaan z-skor dalam standard distribusi :
  1. Ukuran atau bentuk grafik
Ukuran atau bentuk grafik dari z-skor dengan suatu distribusi akan selalu sama
  1. Mean
Dalam z-skor, meannya selalu memiliki nilai 0.
  1. Standard deviasi
Dalam z-skor, jarak antara satu skor dengan skor lainnya pasti hanya satu.
Standar distribusi
Terdiri dari skor yang telah berubah untuk menciptakan nilai-nilai yang telah ditentukan. Salah satu keuntungan dari standar distribusi ialah kita bisa membandingkan skor yang berbeda atau individu yang berbeda meskipun mereka datang dari distribusi yang sangat berbeda.
Contohnya : ada seorang anak yang memiliki dua nilai berbeda di dua bidang studi kuliah. dua-duanya memiliki data ยต dan s. Dengan begitu, kita bisa menentukan dimana skor nilai anak tersebut di kedua bidang tersebut. Setelah kita dapat melihat letaknya, kita bisa membandingkan kedua hal tersebut. Namun suatu hal yang harus diingat, kita tidak bisa membandingkan skor yang diperoleh anak tersebut. Kita cuma bisa membandingkan mean dan standar deviasinya karena di dua bidang studi kuliah tersebut sama-sama memiliki mean dan standar deviasi yg sama.
Menghitung z-skor untuk sampel
Seperti yang telah dikatakan di bab sebelumnya, perbedaan yang diperoleh dari perhitungan populasi dan sampel hanya masalah simbol yang mewakilinya.
Untuk menghitung z-skor, kita bisa menggunakan rumus : (x-M) / s
Apabila ingin menghitung nilai x dari z-skor kita menggunakan rumus = M + zs
Standar distribusi sampel
  1. Grafik sampel z-skor sama dengan grafik sampel yang asli
  2. Sampel z-skor memiliki M=0
  3. Sampel z-skor memiliki s=1
Statistik inferensial
Dalam statistik inferensial, z-skor memberikan metode objektif untuk menentukan seberapa baik nilai tertentu mewakili penduduknya. A z-skor mendekati 0 menunjukkan bahwa skor dekat dengan mean populasi dan karena itu repesentative. A z-score di luar 2 menunjukkan bahwa skor ekstrim dan terasa berbeda dengan nilai lain dalam distribusi.
http://tugasdeltanne.blogspot.com/2011/02/z-skor.html

PENGERTIAN AKUNTANSI


PENGERTIAN AKUNTANSI
Kata akuntasi berasal dari bahasa inggris to account  yg berarti memperhitungkan atau mempertanggung  jawabkan  dan kata accountancy yg berarti hal-hal yg bersangkutan dengan sesuatu yg dikerjakan oleh akuntan (accountant).
Definisi akuntansi selama ini selalu ber ubah mengikuti perubahan dalam perkembangan dunia bisnis. Dan juga dipengaruhi oleh pendapat beberapa ahli yg memberikan pengertian yg berbeda tergantung dari sudut pandang dan penekanan yg mereka anut.

INFORMASI AKUNTANSI
Untuk menjadi informasi,data harus diproses terlebih dahulu dan disajikan sesuai dengan kebutuhan pemakai tertentu.
Suatu informasi dikatakan mempunyai kualitas apabila memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
1) ACCURACY  : bahwa informasi harus bebas dari kesalahan dan bias,karena kesalahan dan bias dapat mengurangi nilai informasi.
2) FORM : bahwa informasi harus di sajikan dalam bentuk (format) yg sesuai dengan permintaan pemakai.
3)TIMELINESS  : penyajian informasi hendak nya tepat waktu,artinya bahwa informasi tersebut harus tersedia pda saat di butuhkan.
4) RELEVANCY : bahwa informasi yg disajikan harus ada kesesuaian dengan tujuan dan hendak nya disajikan secara ringkas.
5)RELIABILITY : bahwa keandalan informasi harus dapat dipertanggung jawabkan,artinya sumber informasi tidak di ragukan dan cara pengolahannya dilakukan dengan benar.

PIHAK YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP INFORMASI KEUANGAN       
Pada dasarnya pihak-pihak yg berkepentingan terhadap informasi keuangan perusahaan terdiri atas  pihak internal dan pihak eksternal.
Pihak eksternal yg mempunyai kepentingan langsung terhadap informasi keuangan adalah  :
1) INVESTOR/PEMILIK : merupakan pihak yang menyediakan dan menanamkan dana nya ke dalam perusahaan.
2) KREDITUR : merupakan pihak yang meminjamkan dananya kepada perusahaan.
3) PELANGGAN : pihak ini berkepentingan dengan informasi keuangan untuk mengevaluasi hubungan usaha dengan perusahaan dan untuk menentukan kelanjutan hubungan di masa yg akan dating.
4) LEMBAGA PEMERINTAH : lembaga ini diantaranya berkepentingan untuk mengevaluasi pajak yang telah di setor oleh perusahaan apakah sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yg berlaku,
5) KARYAWAN : karyawan merupakan pihak luar karena hubungan karyawan dengan perusahaan sebenarnya dapat diaanggap sebagai hubungan kontarak kerja.
6) ORGANISASI NON PROFIT : organisasi-organisasi ini didirikan tidak bertujuan untuk mencari laba , seperti misalnya organisasi keagamaan,organisasi pendidikan atau yayasan.     

DEFINISI MENEJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI MENEJEMEN


 DEFINISI MENEJEMEN
Dalam mengartikan dan mendefinisikan menejemen ada berbagai ragam,ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan,menejemen. Menejemen pengurusan dan lain sebagainya. Bila dilihat dan literatur-literatur  yg ada.  Pengertian menejemen dapat dilihat dari tiga pengertian. :
1.  menejemen sebagai suatu proses.                                     
2. menejemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. menejemen sebagai ilmu (science)dan sebagai seni (art)        

A. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES
   Melihat begaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu. Pengertian menejemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1). ENCYCLOPEDIA OF THE SOCIAL SCIENCE, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dab di awasi
2). HAIMAN, menejemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3). GEORGY R. TERRY, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Menejemen sebagai suatu ilmu dan seni,  Melihat banagai mana aktifitas menejemen di hubungkan dengan prinsip-prinsip dari menejemen. Pengertian menejemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1) CHASTER I BERNARD dalam bukunya yg berjudul “THE FUNCTION OF THE EXECUTIVE”, bahwa menejemen yaitu seni dan ilmu,juga HENRY FAYOL,ALFIN BROWN HAROLD,KOONTZ CYRIL O’DONNEL dan GEROGE R TERRY.
2) MARRY PARKER FOLLET, menyatakan bahwa menejemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

C. MENEJEMEN SEBAGAI ILMU DAN  SEBAGAI SENI
Menejemen merupakan suatu ilmu dan seni,mengapa disebut demikian,sebab antara keduanya tidak dapat dipisahkan. Menejemen sebagai ilmu pengetahuan,karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori.

D. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROFESI
Dalam zaman moder n ini semua jenis kegiatan selalu harus di menejemeni,dalam arti auran yg jelas,dan sekaran boleh dikata bidang menejemen sudah merupakan suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian,karena dalam kegiatan apapun pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif,sehingga diperoleh masukan atau input yang besar.

E.  TINGKATAN MENEJEMEN DAN MENEJER
Bahwa menejemen digunakan dalam segala bentuk kegiatan baik kegiatan profesi maupun non profesi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, maka menejer dapat di klasifikasikan dalam dua cara yaitu tingkat dalam organisasi dan lingkup kegiatan yg dilakukan.
Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi,menejemen di bagi menjadi tiga golongan yaitu. :
1 ) MENEJEMEN LINI (MENEJEMEN TINGKAT PERTAMA), yaitu tingkatan yang  paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yg bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya  mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik,pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2). MENEJEMEN MENENGAH (MIDDLE MANEGER ),yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi.
3). MENEJEMEN PUNCAK (TOP MANAGER),terdiri atas kelompok yang relative kecil,yang bertanggung jawab atas menejemen keseluruhan dari organisasi.

F.  FUNGSI FUNGSI MENEJEMEN
Menejemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi tertentu,tapi belum ada consensus dan kesepakatan apa yang menjadi fungsi-fungsi menejemen. Fungsi menejemen menurut beberapa penulis antara lain :
1) ERNEST DALE   : planning,organizing ,staffing,directing,innovating,representing dan controlling.
2) HANRY FAYOL  : planning,organizing,commanding,coordinating,controlling.
3) GEORGE  R TERRY : planning,organizing,actuating,controlling.
4) DR. SP. SIAGIAN MPA : planning,organizing,motivating,controlling.
5) DR. WINARDI SE : planning,organizing,coordinating,actuating,leading,communicating,controlling                                                                                                     

Senin, 07 Januari 2013

Tips Singkat Untuk Menghadapi Interview


Tips Singkat Untuk Menghadapi Interview
Langkah 1 - Lakukan Penelitian

Telitilah perusahaan dan industri dimana mereka beroperasi sehingga anda dapat menunjukkan inisiatif, antusiasme dan minat dalam turut berperan di perusahaan dan industri tersebut.

Cara tercepat untuk melakukan penelitian adalah dengan mencari informasi online. Mulai dari website perusahaan dan kemudian cobalah untuk memperluas pencarian Anda dengan menggunakan mesin pencari. Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.      Apa produk atau jasa utama perusahaan tersebut?
2.      Bagaimana pendapat publik atas perusahaan tersebut?
3.      Cari tahu apa yang bisa anda tentang situasi keuangan perusahaan
4.      Cobalah untuk berpikir sebagai pelanggan perusahaan dan mengidentifikasi potensi perbaikan
Langkah 2 - Persiapan Interview

Anda harus memastikan bahwa di dalam interview, anda dapat berbicara dengan nyaman tentang diri anda, pengalaman anda dan posisi yang ditawarkan.
1.      Pastikan anda mengenal baik resume anda dan dapat menerangkan dengan baik.
2.      Pastikan pula anda telah membaca deskripsi pekerjaan secara menyeluruh dan memikirkan cara-cara di mana pengalaman Anda akan bermanfaat bagi perusahaan tersebut.
3.      Siapkan diri Anda untuk pertanyaan wawancara yang bersifat umum.
Langkah 3 - Saat Interview
1.      Pastikan ponsel anda dimatikan.
2.      Tenang dan percaya diri
3.      Sambut pewawancara Anda dengan berdiri, jabat tangan dan senyum! Bahasa tubuh yang baik sangat penting.
4.      Tunggu sampai pewawancara mempersilahkan anda duduk.
5.      Duduklah tegak dengan kedua kaki di lantai.
6.      Bicaralah dengan jelas dan penuh percaya diri.
7.      Lakukan kontak mata secara nyaman.
8.      Berpikirlah sebelum Anda berbicara.
9.      Gunakan contoh-contoh praktis untuk menggambarkan keahlian Anda dan menunjukkan bagaimana hal tersebut sesuai dengan posisi yang ditawarkan.
10.  Hindari jawaban satu kata atau terlalu singkat.
11.  Tunjukkan antusiasme terhadap posisi tersebut.
12.  Selalu tunjukkan sikap berpikir positif.
Langkah 4 - Setelah Interview

Buatlah ringkasan pendek dari interview setelah anda menyelesaikan interview. Perhatikan bagian bagian di mana anda merasa berlangsung dengan baik dan bagian dimana anda merasa sulit untuk dijawab. Ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri untuk kemungkinan interview berikutnya.