Sabtu, 12 Januari 2013

DEFINISI MENEJEMEN DAN FUNGSI-FUNGSI MENEJEMEN


 DEFINISI MENEJEMEN
Dalam mengartikan dan mendefinisikan menejemen ada berbagai ragam,ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan,menejemen. Menejemen pengurusan dan lain sebagainya. Bila dilihat dan literatur-literatur  yg ada.  Pengertian menejemen dapat dilihat dari tiga pengertian. :
1.  menejemen sebagai suatu proses.                                     
2. menejemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. menejemen sebagai ilmu (science)dan sebagai seni (art)        

A. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROSES
   Melihat begaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu. Pengertian menejemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1). ENCYCLOPEDIA OF THE SOCIAL SCIENCE, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dab di awasi
2). HAIMAN, menejemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3). GEORGY R. TERRY, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Menejemen sebagai suatu ilmu dan seni,  Melihat banagai mana aktifitas menejemen di hubungkan dengan prinsip-prinsip dari menejemen. Pengertian menejemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1) CHASTER I BERNARD dalam bukunya yg berjudul “THE FUNCTION OF THE EXECUTIVE”, bahwa menejemen yaitu seni dan ilmu,juga HENRY FAYOL,ALFIN BROWN HAROLD,KOONTZ CYRIL O’DONNEL dan GEROGE R TERRY.
2) MARRY PARKER FOLLET, menyatakan bahwa menejemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

C. MENEJEMEN SEBAGAI ILMU DAN  SEBAGAI SENI
Menejemen merupakan suatu ilmu dan seni,mengapa disebut demikian,sebab antara keduanya tidak dapat dipisahkan. Menejemen sebagai ilmu pengetahuan,karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori.

D. MENEJEMEN SEBAGAI SUATU PROFESI
Dalam zaman moder n ini semua jenis kegiatan selalu harus di menejemeni,dalam arti auran yg jelas,dan sekaran boleh dikata bidang menejemen sudah merupakan suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian,karena dalam kegiatan apapun pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif,sehingga diperoleh masukan atau input yang besar.

E.  TINGKATAN MENEJEMEN DAN MENEJER
Bahwa menejemen digunakan dalam segala bentuk kegiatan baik kegiatan profesi maupun non profesi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, maka menejer dapat di klasifikasikan dalam dua cara yaitu tingkat dalam organisasi dan lingkup kegiatan yg dilakukan.
Bila dilihat dari tingkatan dalam organisasi,menejemen di bagi menjadi tiga golongan yaitu. :
1 ) MENEJEMEN LINI (MENEJEMEN TINGKAT PERTAMA), yaitu tingkatan yang  paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yg bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya  mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik,pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2). MENEJEMEN MENENGAH (MIDDLE MANEGER ),yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi.
3). MENEJEMEN PUNCAK (TOP MANAGER),terdiri atas kelompok yang relative kecil,yang bertanggung jawab atas menejemen keseluruhan dari organisasi.

F.  FUNGSI FUNGSI MENEJEMEN
Menejemen dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi tertentu,tapi belum ada consensus dan kesepakatan apa yang menjadi fungsi-fungsi menejemen. Fungsi menejemen menurut beberapa penulis antara lain :
1) ERNEST DALE   : planning,organizing ,staffing,directing,innovating,representing dan controlling.
2) HANRY FAYOL  : planning,organizing,commanding,coordinating,controlling.
3) GEORGE  R TERRY : planning,organizing,actuating,controlling.
4) DR. SP. SIAGIAN MPA : planning,organizing,motivating,controlling.
5) DR. WINARDI SE : planning,organizing,coordinating,actuating,leading,communicating,controlling                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar